Xiaomi Akan Bikin Ponsel dengan Kamera Berukuran 108 Megapiksel!

Xiaomi Akan Bikin Ponsel dengan Kamera Berukuran 108 Megapiksel!

Bekerjasama dengan Samsung, Xiaomi perkenalkan sensor baru untuk kamera ponsel berukuran 108 Megapiksel gengs! Meski belum ada info bagaimana nanti sensor ini akan diaplikasikan.

Hanya dalam waktu selang sebulan sejak diperkenalkan oleh Samsung, sensor 64 megapiksel untuk kamera handphone sudah terkesan jadul. Xiaomi telah mengungkapkan bahwa mereka tidak hanya akan menggunakan sensor 64MP untuk ponsel Redmi yang akan datang, tetapi juga akan mengemas sensor kamera Samsung ISOCELL "ultra-clear" berkapasitas 108MP. 

Dengan nilai ini, berarti gambar yang dihasilkan akan memiliki resolusi sebanyak 12.032 x 9.024. Wow! Resolusi sejenis ini adalah resolusi yang kita temukan dari kamera format medium, bukan ponsel di saku kita. Dan anehnya Xiomi menyebutnya sebagai kapasitas 100MP.

Sensor kamera Xiaomi 100MP (Twitter @Xiaomi)

Pihak yang bekerjasama, yaitu Xiaomi dan Samsung memang masih menutup mulut terkait detail teknologi yang mereka gunakan untuk sensor fantastis ini. Meskipun sensor 64MP seharusnya dapat meningkatkan kinerja kamera di saat cahaya rendah lebih baik dari 48MP, hal ini tidak mudah untuk ditransformasikan ke model resolusi 108MP.

(Twitter @Xiaomi)

Pasalnya jumlah cahaya yang masuk ke dalam setiap piksel sensor ini akan semakin berkurang. Kalian memang bisa mendapatkan detail foto yang fenomenal dalam kondisi cerah, tetapi hasil tangkapan kamera mungkin menjadi berantakan saat mengambil foto dalam gelap. Kecuali, ukuran sensor diperbesar yang tentu akan memakan ruang ponsel yang sudah sangat sempit.

Sensor kamera 64MP Samsung (engadget.com)

Seperti saat kita mendengar sensor 64MP mereka, jumlah megapiksel yang digunakan bisa menyesuaikan kondisi lingkungan tempat mengambil gambar. Jika cahaya redup, sensor ini akan berubah menjadi 16 megapiksel dengan menggabungkan 4 piksel menjadi satu. Sedangkan saat terang, sensor akan mengaktifkan semua piksel yang ada.

Kemungkinan teknologi yang semacam ini yang kembali diadopsi Xiaomi dan Samsung untuk sensor 108MP mereka. Ya meskipun kita belum tahu bagaimana hasilnya di lapangan, minimal jika nanti telah sampai di tangan, kita bisa menyombong soal jumlah piksel ke kawan-kawan yang lain.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"