Xbox Terbaru Akan Bernama Series X, Bentuknya Mirip PC Tower Biasa

Xbox Terbaru Akan Bernama Series X, Bentuknya Mirip PC Tower Biasa

Tak ada yang tahu pasti apa yang sedang dikerjakan oleh Microsoft terkait konsol terbaru mereka. Bukannya perusahaan menutup-nutupi keberadaan proyek masa depan mereka, tetapi justru terlalu banyak yang sedang mereka kembangkan. Mulai dari Project Scarlett hingga cloud gaming.

Tetapi ujung dari kebimbangan ini akhirnya terjawab pada event The Game Awards yang lalu. Microsoft akhirnya menunjukan model Xbox terbaru beserta namanya, yakni Xbox Series X. Lucunya, bentuk konsol ini adalah balok vertikal yang mirip dengan PC tower.

Xbox terbaru mirip pc tower biasa (uzone.id)

Menurut pemimpin Xbox, Phil Spencer, pilihan desain ini dapat meningkatkan kemampuan prosesing konsol empat kali lipat lebih besar daripada Xbox One X. Dengan cara yang lebih efisien dan senyap.

Microsoft mengatakan Xbox Series X dapat menangani visual 4K pada 60 frame per detik, dan berpotensi hingga 120FPS. Konsol juga akan menawarkan ray tracing yang diakselerasi oleh perangkat keras, bersama dengan kemampuan 8K. 

Di dalam balok tersebut, akan ada prosesor kustom, GPU Xbox Seri X dan penyimpanan solid-state generasi berikutnya, yang terakhir akan "hampir menghilangkan waktu muat."

Xbox terbaru mirip pc tower biasa (uzone.id)

Dari segi kompatibilitas, Xbox Series X akan dapat memainkan gim Xbox original dengan dukungan hampir "ribuan game favorit kalian dalam empat generasi game." Aksesori Xbox One dan Xbox Game Pass juga dapat berfungsi sejak awal. 

Microsoft juga mengatakan berkomitmen untuk memastikan judul-judul Xbox Game Studios "mendukung hak lintas generasi dan bahwa Achievements dan save game kalian dapat dibagikan di seluruh perangkat."

Seiring dengan kedatangan konsol tersebut, Microsoft juga mengungkapkan Kontroler Xbox Wireless baru. Menurut perusahaan, perangkat itu didesain ulang agar nyaman bagi lebih banyak orang. Pengontrol ini memiliki tombol Share bergaya DualShock 4 di tengah. Dan D-pad baru seperti yang digunakan kontroler Xbox Elite Series 2.

Xbox terbaru mirip pc tower biasa (gamesradar.com)

Tentu saja, konsol baru akan membutuhkan judul video gim yang baru pula. Dan pada saat pengungkapan konsol tersebut, terdapat juga penampilan perdana dunia Senua's Saga: Hellblade II, yang merupakan sekuel dari Hellblade Ninja Theory's: Senua's Sacrifice. Halo Infinite juga dalam pengembangan untuk Seri X.

Microsoft tidak menawarkan rincian konkret kapan tepatnya Xbox Series X akan tersedia di luar jendela liburan itu atau berapa biayanya. Ada waktu sebelum peluncuran untuk menguraikan semua itu. Tapi itu menjawab beberapa pertanyaan inti tentang konsol yang akan datang: seperti apa dan apa benda itu sebenarnya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"