Wow, Peneliti Ungkap Bakal Ada Operasi Bedah yang Dilakukan Melalui Metaverse

Wow, Peneliti Ungkap Bakal Ada Operasi Bedah yang Dilakukan Melalui Metaverse

Operasi bedah melalui metaverse sepertinya terdengar mustahil. Tapi hal ini malah bisa saja terjadi, kalo kata Chief Medical Officer Medical Realties dan konsultan ahli bedah kolorektal Barts Health NHS Trust, Prof. Shafi Ahmed.

"Operasi bedah bisa dilakukan melalui avatar dan hologram, dibantu oleh augmented reality (AR) dan virtual reality (VR)," kata Ahmed dalam webinar "How 5G and IoT Tech Will Transform Healthcare", Kamis (17/2/2022).

Metaverse merupakan dunia virtual yang merupakan kombinasi dari berbagai elemen teknologi. Metaverse akan membuat para penggunanya bisa melakukan serangkaian aktivitas dalam semesta digital.

Peneliti ungkap bakal ada proses bedah operasi melalui metaverse (detik.com)

Menurut Ahmed, seorang ahli bedah, metaverse bisa menjadi tempat untuk dirinya melakukan operasi 3D. Ia juga mengaku bahwa keberadaan metaverse bisa memudahkan para ahli bedah melakukan operasi jarak jauh.

"Setiap ahli bedah dapat mengakses catatan pasien dan melihat umpan satu sama lain saat menjadi avatar di dunia mereka," ujar Ahmed.

Agar dapat memanfaatkan metaverse untuk operasi bedah, Ahmed mengatakan pentingnya infrastruktur digital yang kuat karena tindakan tersebut membutuhkan bandwidth yang sangat besar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"