Wah, Kebiasaan Main Sosial Media Ternyata Bisa Bikin Gigi Rusak Lho!

Wah, Kebiasaan Main Sosial Media Ternyata Bisa Bikin Gigi Rusak Lho!

Media sosial udah menjadi candu dalam keseharian setiap orang. Walaupun kamu juga nggak rajin-rajin banget buat ngonten, tapi kamu pasti selalu ingin kepo kan dengan berita-berita terbaru yang ada di Instagram, Twitter atau TikTok?

Wajar kalau kebiasaan ini bisa jadi hiburan di sela-sela waktu. Tapi, kalo udah kecanduan, kebiasaan lihat sosial media juga bisa berefek buruk buat diri sendiri, termasuk kesehatan.

Ada sebuah penelitian terbaru yang mengatakan kalo kamu sering buka handphone buat liat sosial media, gigi kamu bisa rusak, lho. 

Yup, penelitian terbaru ini ditemukan oleh Tel Aviv University yang mencari tau gimana efek dari kebiasaan orang-orang menggunakan smartphone. Mereka melakukan perbandingan ke pengguna smartphone yang banyak kegunaan, dengan handphone ‘kosher’ yang aplikasinya banyak dibatasi. Dan hasilnya mengejutkan banget, yaitu smartphone bisa berpengaruh ke kesehatan gigi.

Efek bermain sosial media terhadap kesehatan gigi (performancein.com)

Sedikit info, kalo handphone kosher ini banyak dipakai sama komunitas ultra-ortodoks di Israel yang kebanyakan aplikasinya dihapus sehingga nggak mengganggu aktivitas agama mereka. Nah, jadi kalo dibandingkan dengan smartphone pada umumnya, para pengguna handphone kosher ini terbukti tidak memiliki masalah pada gigi dan masalah tidur.

Dari hasil studi ini pun, para peneliti Israel memberi saran buat membatasi penggunaan smartphone setelah terbukti 20% pengguna smartphone sering terbangun di tengah malam. Umumnya, ini terjadi karena fomo alias fear of missing out yang disebabkan dari kebiasaan mantengin sosial media.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"