Tesla Akuisisi Perusahaan yang Ahli Bikin Baterai

Tesla Akuisisi Perusahaan yang Ahli Bikin Baterai

Tesla tampaknya sedang mendorong teknologi pembuatan sel baterai mereka sendiri. Laman Electric Autonomy telah menemukan fakta bahwa Tesla diam-diam mengakuisisi perusahaan bernama Hibar Systems. 

Sebuah perusahaan asal Kanada dengan keahlian di bidang manufaktur baterai otomatis untuk kendaraan listrik, laptop dan "produk serupa." 

Perusahaan tersebut baru-baru ini sedang menggarap sistem produksi baterai lithium-ion "berkecepatan tinggi". 

Tidak pasti kapan pembelian dilakukan, tetapi Tesla baru saja mendaftarkan Hibar sebagai anak perusahaan pada tanggal 2 Oktober lalu. Dan Hibar sendiri sempat membuat situs webnya menjadi satu halaman sekitar 16 September.

Tesla akuisisi perusahaan ahli bikin baterai (engadget.com)

Ini bukan pembelian pertama Tesla untuk teknologi sumber tenaga portable tersebut. Sebelumnya, perusahaan milik Elon Musk ini mengakuisisi Maxwell, sebuah perusahaan California yang telah mengembangkan elektroda ion lithium generasi berikutnya. 

Selain itu, Tesla juga membuat kerjasama penelitian selama lima tahun dengan pemimpin peneliti asal Kanada, Jeff Dahn yang mungkin sudah membuahkan hasil. 

Elon Musk mengatakan Tesla telah mencapai langkah yang signifikan menuju "baterai jutaan mil," di saat tim Dahn menerbitkan sebuah makalah pada bulan September yang menunjukkan bahwa baterai dengan rentang hidup yang begitu panjang adalah mungkin.

Tesla sudah sangat lama mengisyaratkan produksi sel baterai internal mereka sendiri, dan hanya menjadi penguat keberadaanya.

Tesla akuisisi perusahaan ahli bikin baterai (electrek.co)

Kesepakatan dengan Hibar juga masih menyimpan banyak strategi Tesla ke depannya. Perusahaan berharap untuk mempercepat produksi sel-sel baterai dengan mengakuisi banyak tim pengembang teknologi. 

Meskipun Tesla tidak akan menendang pemasok seperti Panasonic dan LG Chem dalam waktu dekat. Mereka sepertinya masih dibutuhkan untuk memenuhi permintaan pasar saat ini. 

Tetapi jelas bahwa Tesla ingin mengambil kendali yang lebih besar atas nasib baterai listrik di masa yang akan datang sesegera mungkin. 

Dan mungkin juga harus ada persaingan baru dari Porsche dan produsen lainnya agar kemampuan baterai kendaraan listrik yang memiliki kinerja jangkauan yang luas segera hadir di tangan konsumen.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"