Tak Banyak Yang Tahu Perbedaan HDD dan SSD pada Komputer, Ini Dia 5 Perbedaannya

Tak Banyak Yang Tahu Perbedaan HDD dan SSD pada Komputer, Ini Dia 5 Perbedaannya

Di era perkembangan teknologi yang semakin pesat, produsen elektronik dunia semakin gencar menghadirkan inovasi terbaru. Inovasi tersebut salah satunya adalah media penyimpanan komputer berbasis Solid State Drive atau SSD.

Media penyimpanan pada komputer desktop maupun Laptop selama ini kebanyakan masih menggunakan Hard Disk atau HDD sehingga kehadiran SSD menimbulkan pertanyaan baru terkait perbedaan SSD dan HDD.

https://www.immersa-lab.com/

SSD atau Solid State Drive adalah media penyimpanan tanpa piringan cakram dan berbasis sirkuit. Sirkuit SSD tersusun atas beberapa chip memori yang saling terintegrasi.

Jika dibandingkan dengan HDD, SSD memiliki fungsi yang sama, namun SSD lebih tahan goncangan. Data yang disimpan di dalam SSD juga relatif lebih aman karena tidak lagi disimpan dalam lapisan-lapisan magnetik. Agar semakin jelas mengenai perbedaan SSD dan HDD mari kita simak beberapa hal yang membedakan keduanya.

1. Perbedaan Kecepatan Membaca dan Menulis Data

Solid State Drive (SSD) lebih bisa diandalkan karena mampu unggul lebih cepat hingga delapan kali lipat dari kecepatan baca dan tulis yang dimiliki HDD. Bahkan, sektor kecepatan bisa dibilang menjadi faktor paling krusial yang membuat pengguna beralih dari HDD ke SSD secara suka rela, meski harus menyisihkan budget ekstra.

2. Perbedaan Ukuran dan Bentuk

Perbedaan berikutnya bisa dilihat dari segi ukuran dan bentuk, dimana HDD memiliki dimensi lebih besar dari SSD. Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki media penyimpanan ringkas sekaligus performa tinggi Solid State Drive (SSD) bisa menjadi jawaban yang tepat untuk mengakomodasikan kebutuhan Anda.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"