Sudah Nyaman dengan WhatsApp, Ini Alasan Kamu Harus Coba Beralih ke Signal

Sudah Nyaman dengan WhatsApp, Ini Alasan Kamu Harus Coba Beralih ke Signal

Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, penggunaan aplikasi pesan seperti WhatsApp, LINE, Telegram dan yang lainnya benar-benar sangat dibutuhkan. Selain untuk berkomunikasi jarak jauh, aplikasi pesan tersebut juga bisa menyebarkan satu informasi kepada sesama pengguna sehingga bisa menjadi sarana perdagangan.

Namun belakangan ini muncul satu aplikasi pesan baru yang diciptakan oleh Signal Technology Foundation dan Signal Messenger LLC. Aplikasi bernama Signal ini bisa diinstall pada smartphone dan juga desktop. Lalu, apa saja keunggulan aplikasi ini hingga bisa menyita perhatian masyarakat yang saat ini belum bisa beralih dari aplikasi WhatsApp, LINE, dan Telegram?

Keunggulan Aplikasi Signal (via CNBC)

Walaupun aplikasi ini belum sepopuler WhatsApp dan Telegram, namun Signal memiliki beberapa keunggulan. Pertama, aplikasi ini menawarkan fitur lengkap. Sama halnya dengan WhatsApp, aplikasi ini juga menggunakan nomer telepon sebagai identitas pemakainya. Untuk mencegah peretasan dan pembajakan, perusahaan pendiri aplikasi ini menggunakan kode pin. Hal itu dilakukan dengan harapan dapat memberikan keamanan dalam mengidentifikasi penggunanya.

Kedua, aplikasi ini disponsori oleh Signal Foundation, yaitu perusahaan non-profit yang tidak tertarik dengan analisis informasi data pribadi para penggunanya, yang dikabarkan ada pada aplikasi WhatsApp dan Telegram. WhatsApp yang merupakan anak dari Facebook yang beberapa kali mengalami skandal pembajakan penggunanya. Sementara hal yang sama juga pernah dialami Telegram dengan fitur lokasi langsung (live location) yang dinilai melanggar privasi penggunanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"