Seri Galaxy Note Terbaru Telah Dirilis, Yuk Intip Kemampuan Tablet Ini

Seri Galaxy Note Terbaru Telah Dirilis, Yuk Intip Kemampuan Tablet Ini

Samsung akhirnya merilis seri tarbaru Note yakni Galaxy Note 10 dan Note 10+. Bagaimana ya kemampuan ponsel sekaligus tablet ini gengs?

Jika kalian tidak pernah mendengar sama sekali rumor terkait ponsel ini, maka kemungkinan kalian tinggal di gua atau kalian memang tak peduli dengan gadget dan teknologi.

Setiap tahun, Samsung hampir selalu meluncurkan seri ponsel Galaxy dan yang terakhir adalah keluarga Galaxy S10. Sedangkan Galaxy Note bisa dibilang adalah versi premium dari S, meskipun seri tersebut sudah dianggap sebagai ponsel flagship.

Galaxy Note 10 dan Note 10+ (samsung.com)

Untuk itu kita bisa bertanya apa yang bisa didapatkan dari ponsel flagship versi premium ini. Berbeda dengan tahun lalu, Note 10 kali meluncur dalam dua versi. Versi lebih kecil yaitu Galaxy Note 10 dan yang lebih besar Note 10+. Masing-masing tentu memiliki fitur yang berbeda.

Perbedaan paling mencolok tentu saja adalah ukuran atau dimensi ponsel. Note 10+ merupakan pablet (ponsel teblet) dengan ukuran 6,8 inci. Sedangkan rekanan yang lebih kecil akan berukuran 6,3 inci. Dimensi ini lebih kecil dari Note 9 dengan ukuran 6,4 inci.

Meskipun lebih besar dan sedikit lebih kecil, kedua ponsel ini ternyata lebih ringan dari pendahulunya. Yakni 167g untuk Note 10 dan Note 10+ hanya seberat 198g. Tentu lebih ringan dari Note 9 yang mencapai 201g.

Ditambah lagi Note sekarang sudah tanpa bezel yang berarti kita akan mendapatkan layar secara hampir utuh. Tentu saja akan ada penguruangan sedikit untuk meletakkan kamera dan garis pengaman layar tipis di atas dan bawah ponsel.

Galaxy Note 10 dan Note 10+ (samsung.com)

Layar super lebar ini merupakan layar Dynamic AMOLED yang memiliki sertifikasi HDR10+. Artinya mata kita akan dimanjakan dengan warna cerah yang sangat kaya dan dinamis.

Seperti biasa, Samsung akan membedakan dapur pacu ponsel sesuai dengan wilayah penjualan. Untuk Korsel da AS mereka akan menggunakan Snapdragon 855 Plus. Sedangkan pasar lain, termasuk Indonesia, akan diganti dengan chipset Exynos terbaru Samsung yakni 9825.

Perbedaan lain antara Note 10 dan Note 10+ adalah di RAM dan penyimpanan. Note 10+ akan dibekali RAM 12 GB dan memori internal 256 GB, serta 512 GB. Ruang penyimpanan masih bisa diperluas hingga 1 TB dengan microSD. Untuk mendukung layar besar Samsung memasang baterai berkapasitas 4.300 mAh.

Sedangkan Note 10 akan memiliki RAM 8 GB dan media internal 256 GB tanpa slot microSD. Samsung sengaja tidak menambahkan slot tersebut karena dimensi yang kecil ini membutuhkan ruang yang lebih banyak untuk menjejalkan baterai berkapasitas 3.500 mAh.

Meski begitu pengalaman menggunakan keduanya tak akan terasa jauh berbeda karena sama-sama didukung fitur super fast charging yang dapat melakukan  pengisian daya dari kosong hingga penuh hanya 30 menit saja.

Galaxy Note 10 dan Note 10+ (samsung.com)

Fitur penting dari Note yang tak bisa dilewatkan tentu saja adalah S Pen. Pada Note 9 kita menemukan pena ini merupakan remote kontrol bluetooth untuk mengambil foto dan menggerakkan slide saat presentasi. Kali ini S Pen mendapat upgrade besar-besaran, Samsung menambahkan accelerometer dan giroskop ke dalammnya.

Apa yang bisa kita lakukan dengan S Pen terbaru ini. Sederhananya kita bisa melakukan gerakan tertentu dengan pena ini untuk mengeksekusi perintah tertentu. Semisal untuk melakukan zoom kamera, kalian hanya perlu membuat pola c tengkurap di udara dengan S Pen. Untuk mengganti mode kamera pun kalian cukup menjentikkan pena tersebut ke atas maupun ke samping. Seperti punya tongkat sihir gengs.

Perhatian selanjutnya adalah kamera, selain kemudahan pengoperasian menggunakan S Pen. Tetapi pada dasarnya tak ada yang baru dari kamere Note 10 jika dibandingkan dengan Galaxy S10. Kecuali pada Note 10+ yang memiliki aperture sedikit lebih besar. Hanya saja Note memang dipasarkan untuk konten kreator. Berbeda dengan S10, ponsel ini didukung dengan aplikasi editing video yang memungkinkan kalian menggabungkan klip ke dalam satu timeline, memotong dan menambah transisi, musik latar belakang dan animasi.

Galaxy Note 10 dan Note 10+ (samsung.com)

Dari semua fitur premium ini berapa uang yang harus dikeluarkan untuk membawa satu unit Galaxy Note 10 dan 10+. Ternyata Samsung tak terlalu mematok harga yang sangat menjulang untuk keduanya. Note 10 dibanderol dengan harga 950 dolar, sedangkan Note 10+ akan seharga 1100 dolar. 

Harga ini terhitung masih rendah jika dibanding ponsel Galaxy Fold yang hampir dua kali lipatnya. Padahal selain tampilan tablet, fitur Note tentu lebih menarik gengs. Akan ada penyesuaian harga ketika ponsel ini sampai ke dalam negeri. Tapi melihat pengalaman, jika kalian ngebet pengen punya Note terbaru, kalian harus menyiapkan uang kurang lebih 17 juta, mungkin bisa kurang.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"