Seorang Redditor Berhasil Bikin PS2 Portable, Gimana Caranya ya?

Seorang Redditor Berhasil Bikin PS2 Portable, Gimana Caranya ya?

Konsol PlayStation 2 (PS2) memang sudah bertahun-tahun terlelap dalam tidurnya. Anak dan cucunya telah silih berganti menemani para gamers agar tetap setia kepada Sony. 

Tetapi mereka masih ingat bagaimana PS2 merajai pasar konsol. PS2 mampu menggaet hati para gamers hingga ia sampai sekarang menjadi gadget paling laris di dunia.

Entah dengan alasan ini, PS2 layaknya seperti Putri Tidur yang tak bisa menikmati waktu istirahat dengan tenang. Pengguna Reddit dengan akun 'darkwingmood' telah bekerja keras selama beberapa tahun untuk menyempurnakan visinya tentang PS2 portabel, PIS2.

PIS2, PS2 portable (engadget.com)

Gadget ini menampilkan perangkat keras PS2 asli yang disilangkan dengan Raspberry Pi 2. File gim yang ingin dimainkan akan dimuat melalui server SMB yang terhubung dengan ethernet. Jadi tidak menggunakan emulator sama sekali.

Hasilnya? Darkwingmod mengatakan bahwa game berjalan mendekati kecepatan penuh dan 'full motion video' (FMV) berputar dengan lancar.

PIS2 menjejalkan motherboard dari PS2 Slim ke dalam sasis yang besar namun terlihat nyaman. Perangkat ini juga mencakup layar yang kompatibel dengan VGA dan sinyal komposit. 

Baterai PIS2 dapat bertahan hingga 90 menit dan bisa diisi dengan kabel daya PS2 standar.

Unit ini dilengkapi dengan satu slot kartu memori eksternal, sementara slot lainnya tersembunyi di dalam sasis dan memiliki kartu memori dengan Free MCboot yang terpasang secara permanen. 

Free MCboot adalah softmod yang memungkinkan pengguna menjalankan kode yang belum diisi. Pada PS2 tradisional, misalnya, ia dapat menjalankan gim yang disalin ke DVD kosong. Pada PIS2, itu jelas memungkinkan game untuk dijalankan setelah ditransfer dari server SMB.

PlayStation 2 Slim (xqgaming.com)

Seiring bertambahnya usia konsol berbasis disk dan menjadi kurang dapat diandalkan, gamer yang tidak puas dengan emulasi membutuhkan opsi. Proyek-proyek seperti PIS2 (dan khususnya trik server SMB) akan membantu menjaga koleksi gim PS2 tersedia untuk penggemar vintage. 

Sementara itu, solusi seperti PSIO, Saturnus Rhea dan Dreamcast GDemu menjaga mimpi nostalgia tahun 90-an tetap hidup dan berjalan pada perangkat keras asli.

Kalau kalian tertarik dengan detail lebih lanjut tentang bagaimana darkwingmod menciptakan PIS2, lihat kemajuan langkah demi langkahnya di BitBuilt.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"