Sebenarnya Berapa Lama Screen Time yang Ideal untuk Orang Dewasa?

Sebenarnya Berapa Lama Screen Time yang Ideal untuk Orang Dewasa?

Seperti yang kita tahu, ada pedoman yang jelas tentang berapa banyak waktu screen time yang seharusnya dimiliki anak-anak, tetapi berapa lama screen time yang ideal untuk orang dewasa?

Tidak ada angka pasti berapa jam yang direkomendasikan untuk waktu pemakaian gadget bagi orang dewasa. Namun, terdapat bukti jelas bahwa terlalu banyak waktu menatap layar dapat berdampak buruk bagi kesehatan. 

Misalnya, penelitian ini menemukan bahwa mereka yang menghabiskan enam jam atau lebih per hari menonton layar memiliki risiko lebih tinggi terkena depresi, dan penelitian ini menemukan bahwa membatasi penggunaan media sosial hingga 30 menit per hari menghasilkan "peningkatan kesejahteraan yang signifikan". Selain itu, jenis dan kualitas waktu pemakaian gadget juga berpengaruh.

Berapa Lama Screen Time yang Sehat untuk Orang Dewasa?

Para ahli mengatakan orang dewasa harus membatasi waktu menatap layar di luar pekerjaan menjadi kurang dari dua jam per hari. Waktu di luar waktu yang biasanya kamu habiskan di depan layar sebaiknya dihabiskan untuk berpartisipasi dalam aktivitas fisik. Hal ini mungkin tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat, namun masih banyak yang dapat dilakukan untuk menguranginya.

Tips untuk Mengurangi Screen Time

Untuk kamu yang merasa sudah mulai kelebihan screen time, dan ingin menguranginya, cobalah tips di bawah ini:

1. Matikan Notifikasi. 

Notifikasi adalah pesan dari aplikasi yang muncul di layar Anda untuk mengingatkan Anda tentang aktivitas baru. Hal ini memicu Anda untuk melihat ponsel Anda dan, kemungkinan besar, menghabiskan waktu tambahan di ponsel Anda selain memeriksa notifikasi apa.

2. Setel pengatur waktu. 

Gunakan pengatur waktu di ponsel, di jam tangan,  atau pengatur waktu model lama saat kamu sedang menonton televisi atau menggunakan tablet. Saat pengatur waktu berbunyi, matikan perangkat dan usahakan untuk menggerakkan tubuhmu dan berjalan-jalan, membersihkan kamar, atau mencoba berolahraga di rumah.

3. Tinggalkan telepon di luar kamar tidur. 

Banyak orang menjadi korban karena menggulirkan ponselnya di tempat tidur pada malam hari atau saat pertama kali bangun di pagi hari. Ini mengganggu tidur dan dapat menambah waktu pemakaian gadgetsecara signifikan. Gunakan jam alarm untuk bangun setiap pagi dan tinggalkan ponsel di meja kecil di luar pintu kamar Anda setiap malam.

Jika kamu khawatir dampak screen time-mu yang berlebihan terhadap kesehatan, seperti: mata tegang, masalah punggung, atau gejala depresi, segeralah memeriksakannya ke dokter.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"