Sampaikan Pesan ke Masa Depan, Inilah 5 Kapsul Waktu Paling Fenomenal yang Pernah Dibuat Manusia

Sampaikan Pesan ke Masa Depan, Inilah 5 Kapsul Waktu Paling Fenomenal yang Pernah Dibuat Manusia

Sejak dulu, manusia berusaha berkomunikasi dengan manusia yang hidup di masa depan. Tapi kayaknya manusia jaman dulu juga yakin kalo mereka gak bisa mengirim surat ke orang-orang di masa depan. Pake apa juga?

Satu-satunya jalan untuk bisa sampaikan pesan ke masa depan adalah dengan mewadahi barang-barang dan ditanam. Makanya mereka menemukan sebuah teknologi bernama kapsul waktu.

Kapsul waktu sendiri telah ditemukan sejak abad ke-19. Tradisinya pun berjalan beberapa dekade setelahnya demi mengirimkan pesan kepada orang-orang di masa depan itu. 

Nah, demi sampaikan pesan ke masa depan, inlah 5 kapsul waktu paling fenomenal yang pernah dibuat manusia.

The Century Safe

The Century Safe The Century Safe dari tahun 1876 (time.com)

Kapsul waktu yang pertama kali dibuat oleh manusia diberi nama The Century Safe. Kapsul waktu ini dibuat tahun 1876 dan langsung jadi sesuatu yang fenomenal di jaman itu.

Kapsul waktu itu juga sempat dipubiikasikan dalam artikel oleh Majalah New York. Majalah itu memberitakan pengumpulan artefak yang dipimpin oleh Anna Deihm di US Centennial Exposition, Philadelphia, Amerika Serikat (AS).

The Century Safe dibuat dari kotak besi yang dalamnya diisi barang-barang seperti emas, buku, koleksi hal-hal unik dari AS. Termasuk foto presiden AS kala itu, Ulysses S. Grant. Kapsul waktu itu dikubur di tempat terpencil dan dibuka 100 tahun kemudian.

The Century Safe nyaris terlupakan, tapi akhirnya ditemukan beberap tahun sebelum jadwal pembukaannya kembali. Century Safe dibuka persis tahun 1976 dalam sebuah acara besar di AS. Kapsul itu juga dibuka oleh Presiden AS Gerald Ford. Mereka pun menemukan benda-benda berusia seabad yang tersimpan dengan baik.

Crypt of Civilization

Crypt of Civilization Crypt of Civilization (world-facts.org)

Kapsul waktu selanjutnya diberi nama Crypt of Civilization. Kapsul waktu ini adalah sebuah proyek fenomenal yang dibuat oleh Universitas Oglethorpe. Idenya datang dari Thornwell Jacobs, sang presiden kampus. Dia pengin memberikan catatan arkeologi kepada generasi di masa depan.

Kapsul waktu itu dibuat tahun 1937 dan dikubur selama 6.177 tahun. Berarti baru akan dibuka tahun 8113 Masehi! Di tahun 8000 begitu, mereka yakin peradaban manusia benar-benar jauh berbeda dengan peradaban abad 20 atau 21.

Crypt of Civilization menyimpan banyak buku pelajaran, sejarah, agama, acara TV, hingga beberapa benda yang ditemukan pada era 1930-an. Sampe sekarang, kapsul ini berarti udah berusia 83 tahun dan masih ribuan tahun lagi sampe waktu dibukanya.

Kapsul waktu Crypt of Civilization sendiri dikubur di bawah gedung kampus Universitas Oglethorpe.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"