Robot Mini dari MIT Dapat Membuat Robot yang Lebih Besar

Robot Mini dari MIT Dapat Membuat Robot yang Lebih Besar

Peneliti dari MIT mengembangkan robot modular berukuran kecil yang dapat mengerjakan berbagai macam task dengan hanya mengonfigurasi gerakannya. Robot mini ini bisa digunakan untuk mengerjakan proyek dengan skala besar.

Dalam beberapa film sci-fi robot, kita kerap diperlihatkan robot-robot kecil yang fungsinya membangun robot yang lebih besar. Cara ini tentu dianggap paling baik karena akan mengurangi tenaga manusia dalam jumlah yang sangat signifikan. Dengan berbekal pemikiran ini, peneliti dari MIT menciptakan robot mini yang dapat dikustomisasi, cepat, dan murah produksinya.

Robot mini MIT (mit.edu)

Robot ini dibuat hanya menggunakan lima bagian modular, termasuk komponen yang kaku dan fleksibel, elektromagnetik, koil dan magnet. Mereka memiliki bagian yang khusus yang memungkinkan robot merangkak, menggenggam, mendorong dan melakukan tugas-tugas tanpa serangkaian bagian yang rumit. 

Robot ini bisa disamakan dengan "mikro-Lego" yang dapat dikonfigurasi untuk melakukan apapun yang kalian inginkan dengan tingkat kesukaran yang sangat minimal.

Mereka juga sangat kuat. Desain awal dari MIT dapat mengangkat tujuh kali beratnya sendiri, dan kalian dapat menambahkan lebih banyak komponen agar memiliki kekuatan ekstra atau untuk menangani gerakan kompleks. 

Dan yang paling penting adalah kalian bisa mengatur ukuran komponen yang ada untuk menangani proyek dengan skala yang sangat besar atau sangat kecil. Sampai sekarang, untuk menangani hal yang khusus, kalian biasanya akan mencari metode yang khusus juga.

Dengan robot ini kemungkinan setiap pekerjaan hanya membutuhkan perubahan konfigurasi yang kreatif saja.

Robot mini MIT (mit.edu)

Meskipun ini hanyalah "langkah pertama," MIT melihatnya sebagai potensi besar. Robot mini ini dapat menjadi set part standar yang membantu merakit robot khusus tugas tanpa perlu merancang bot manufaktur baru setiap saat. Kalian juga bisa melihat lebih banyak robot ekstra kecil yang mampu bekerja di ruang sempit. Apapun itu, keberadaan robot mini bisa membantu transisi robot dari mesin khusus yang  mahal menjadi sesuatu yang relatif umum.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"