Richard Skrenta Menulis Program Virus Komputer Pertama, Awalnya Cuma Prank

Richard Skrenta Menulis Program Virus Komputer Pertama, Awalnya Cuma Prank

Seorang anak berusia 15 tahun, yang masih duduk di sekolah menengah menulis program komputer. Kegiatan ini dilakukannya saat liburan musim panas. Siapa yang menyangka kalau apa yang dia tulis bakalan jadi virus komputer berskala besar pertama. Sukses menyebar sendiri pada tanggal 30 Januari 1982.

Richard Skrenta Menulis Program Virus Komputer Pertama

"Elk Cloner" karya Richard Skrenta panjangnya 400 baris dan menyamar sebagai program boot Apple. Richard Skrenta menulis program virus komputer pertama hanya sebagai bahan lelucon.

Richard Skrenta menulis program virus komputer pertama (trtworld.com)

Virus ini melekat pada sistem operasi Apple DOS 3.3 dan disebarkan oleh floppy disk. Siapa sangka dari prank Richard Skrenta menulis program virus komputer pertama yang menyebar luas.

Richard Skrenta menulis program virus komputer pertama, emang udah dikenal sebagai orang yang suka iseng. Dia sering berbagi gim dengan teman-temannya. Tapi gimnya udah dimodifikasi sama dia. Kadang dia menyisipkan pesan mengejek di dalam disk gim tersebut.

Cerdas tapi suka iseng nih orangnya.

Richard Skrenta (tucson.com)

Karena suka iseng dan bikin prank ini dia terus mencoba mengerjain teman-temannya. Mengubah software disket dan akhirnya Richard Skrenta menulis program virus komputer pertama. Dia membuat virus boot sector melalui Elk Cloner.

Skrenta memasukkan program Elk Cloner di sistem operasi Apple II sekolahnya. Setiap siswa yang tidak melakukan reboot dengan disk mereka sendiri bisa kena infeksi virus.

Komputer yang terinfeksi akan menampilkan puisi pendek berikut pada setiap boot ke-50:

Elk Cloner: Program dengan kepribadian

Ini akan masuk ke semua disk Anda

Ini akan menyusup ke chip Anda

Ya, itu Cloner!

Ini akan menempel pada Anda seperti lem

Ini akan memodifikasi RAM juga

Kirim Cloner!

Setelah Richard Skrenta menulis program virus komputer pertama, Elk Cloner berhasil menginfeksi disket sebagian besar orang yang dikenal Skrenta.

Kalau jadi temennya waktu itu pasti kesel banget deh ya!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"