Rencana Facebook Ubah Halaman Bisnis Jadi Toko Online, Termasuk di Instagram

Rencana Facebook Ubah Halaman Bisnis Jadi Toko Online, Termasuk di Instagram

Facebook dan Instagram membeberkan rencana terbesar mereka ke dalam belanja online dengan Facebook Shops, yang memungkinkan bisnis mengubah halaman Facebook dan Instagram mereka menjadi etalase toko online untuk penggemar dan pengikut mereka.

Facebook, seperti halnya dengan semua pembaruan produk terbaru, menyebut fitur baru ini sebagai salah satu yang akan membantu usaha kecil secasra lebih lanjut yang terkena dampak kejatuhan ekonomi akibat COVID-19. 

Tetapi pembaruan, yang mulai diluncurkan sekarang, juga merupakan langkah terbesar perusahaan menuju e-commerce.

Rencana Facebook jadikan halaman bisnis sebagai toko online (engadget.com)

Dengan Shops, pemilik bisnis dapat membuat bagian "toko" khusus di halaman Facebook atau Instagram mereka dan membuat katalog produk mereka untuk dijelajahi dan dibeli oleh pengguna. 

Yang penting, sebagian besar pembelian aktual tidak akan terjadi di Facebook. Daftar produk akan mengarahkan ke situs web bisnis yang milik pebisnis. 

Kecuali jika mereka adalah salah satu dari segelintir perusahaan yang menggunakan fitur checkout dalam aplikasi Facebook atau Instagram. Bisnis juga akan dapat meng-host toko di Instagram.

Ditambah lagi, Facebook Shops akan menarik penggemar media sosial bisnis ke produk mereka dan membantu memikat yang baru. Perusahaan, tentu saja, dapat membeli iklan Facebook bertarget untuk daftar produk tertentu juga. 

Dan pemilik toko dapat mengobrol dengan pelanggan potensial di Messenger, WhatsApp, dan Instagram Direct.

Rencana Facebook jadikan halaman bisnis sebagai toko online (mogaznews.com)

Instagram, yang telah menjadi rumah bagi banyak eksperimen Facebook dengan berbelanja, akan mendorong fitur perdagangan baru Facebook menjadi lebih agresif. 

Perusahaan berencana untuk memberikan belanja bagian aplikasi sendiri, yang akan menggantikan tab "aktivitas" saat ini, dalam pembaruan yang diharapkan "akhir tahun ini."

Instagram akan mengganti tab "aktivitas" dengan bagian baru aplikasi untuk berbelanja. Dan fitur streaming langsung aplikasi akan mendukung belanja.

Perusahaan juga berencana untuk menggabungkan live video langsung dengan belanja. Sebuah fitur yang datang ke Instagram dan Facebook "dalam beberapa bulan mendatang". 

Brand dan influencer akan dapat menandai produk tertentu sebelum mereka memulai streaming langsung dan pemirsa akan melihat tautan di muka untuk membeli item yang disematkan di bagian bawah video.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"