Profesor Jepang Ungkap Kenapa Harga Mobil Listrik di China Murah Banget, Faktanya Bikin Syok!

Profesor Jepang Ungkap Kenapa Harga Mobil Listrik di China Murah Banget, Faktanya Bikin Syok!

Hongguang Mini EV seharga 28.800 yuan (atau setara Rp 68 juta) telah sukses besar dijual di kota-kota dan desa-desa tertentu di Cina. Karena penasaran, seorang profesor Universitas Nagoya Jepang pun membeli mobil tersebut agar bisa membongkarnya. Tujuannya, untuk mengetahui jenis alkimia apa yang digunakan pabrikan untuk menetapkan harga serendah itu.

Rasa ingin tahunya pun membuahkan hasil. Profesor Masayoshi Yamamoto menemukan trik rapi yang dilakukan SAIC-GM-Wuling Automobile: penggunaan suku cadang murah dan tidak tahan lama yang disatukan sedemikian rupa sehingga mudah diganti.

# Temuan Profesor Msayoshi Yamamoto yang Bikin Syok

Asosiasi Manajemen Jepang mengimpor Mini EV top-of-the-line, dengan harga 38.800 yuan (Rp91 juta), untuk dipamerkan di sebuah acara. 

Komponen Hongguang Mini EV yang dibongkar Profesor Masayoshi Yamamoto (oto.detik.com)

Profesor Masayoshi Yamamoto dan yang lainnya membongkar kendaraan tersebut setelah pameran dan memperkirakan total biaya suku cadang dan perakitan kendaraan tersebut sebesar 480.000 yen (Rp64 juta). 

Nikkei mewawancarai Yamamoto dan memeriksa datanya untuk lebih memahami bagaimana mobil mencapai kinerja biaya yang sangat baik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"