Produksi Listrik Bertenaga Surya di Eropa Cetak Rekor Karena Social Distancing, Kok Nyambung?

Produksi Listrik Bertenaga Surya di Eropa Cetak Rekor Karena Social Distancing, Kok Nyambung?

Ada kabar yang cukup menggembirakan di balik bencana pandemi corona saat ini. Yakni produksi listrik melalui pembangkit energi surya mencatatkan lonjakan nilai. Semisal produksi di Inggris memuncak pada 9,68 gigawatt pada hari Senin lalu. 

Menurut pelacak yang dikembangkan oleh Universitas Sheffield bekerja sama dengan National Grid. Nilai tersebut bisa berubah sedikit, namun pelacak percaya dengan "90 persen kepastian" bahwa itu akan jatuh antara 9,65 dan 9,71 gigawatt.

Sedangkan menurut Solar Trade Association (STA), puncaknya cukup untuk memuaskan sepertiga dari konsumsi listrik Inggris pada saat itu. Rekor sebelumnya sebesar 9,55 gigawatt direkam Mei lalu.

"Ini adalah prestasi yang menakjubkan dan hanya menunjukkan awal dari apa yang mampu dilakukan industri ini," kata Dr Nina Skorupska, CEO REA, asosiasi perdagangan Inggris untuk energi terbarukan dan teknologi bersih.

Produksi tenaga surya Eropa meningkat selama pandemi corona (europeanbestdestinations.com)

Seperti yang dilaporkan Bloomberg, Jerman mencatat rekor 24 jam sebesar 32,23 gigawatt pada hari yang sama. Sementara itu, Spanyol memuncak dengan 6,34 gigawatt pada tanggal 29 Maret, menurut operator jaringan nasional Red Eléctrica de España. Nilai ini 7,4 persen lebih tinggi dari rekor yang ditetapkan pada bulan Februari.

Penyebabnya mungkin satu, langit saat ini umumnya cerah. "Hampir tidak ada awan di atas Jerman," Andreas Friedrich, seorang juru bicara untuk layanan cuaca DWD mengatakan kepada Bloomberg awal pekan ini. "Dan sistem bertekanan tinggi di atas Skandinavia akan menjaga kondisi ini sampai setidaknya Jumat."

Pengurangan polusi udara kemungkinan juga telah membantu. Wabah coronavirus memaksa banyak warga Eropa untuk bekerja dari rumah dan menghindari perjalanan yang tidak penting. 

Langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya ini telah secara dramatis mengurangi lalu lintas dan, pada gilirannya, jumlah gas rumah kaca yang diproduksi setiap hari.

Produksi tenaga surya Eropa meningkat selama pandemi corona (greencoast.org)

Musim semi juga menawarkan suhu yang hampir sempurna untuk daya fotovoltaik. Bertentangan dengan kepercayaan umum, panel surya berkinerja lebih baik dalam kondisi dingin. 

Hal ini karena mereka memperoleh daya dari pemindahan elektron antara status 'istirahat' dan 'bersemangat'. 

Cuaca yang lebih panas meningkatkan suhu 'istirahat' dari partikel-partikel subatomik ini, yang mengurangi tegangan sistem dan menghasilkan efisiensi.

"Kondisi cuaca yang ideal dan tingkat polusi yang lebih rendah dari rata-rata solar adalah memberikan tingkat rekor murah, daya bersih ke jaringan," kata Chris Hewett, CEO STA. 

"Pada saat sebagian besar dari kita bekerja dari jarak jauh, kita dapat mengatakan bahwa matahari benar-benar menjaga Wi-Fi menyala."

Peningkatan instalasi surya sedikit demi sedikit,  baik di wilayah residensial dan komersial, tidak diragukan lagi juga telah membantu. Kapasitasnya melonjak dua kali lipat di seluruh benua tahun lalu, menurut laporan oleh SolarPower Eropa. 

Spanyol adalah pemimpin pasar dengan penyebaran 4,7 gigawatt, diikuti oleh Jerman dengan 4 gigawatt dan Belanda dengan 2,5 gigawatt.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"