Peternak di Rusia Pasangkan Headset VR ke Ternak Sapi, Tujuannya Apa Sih?

Peternak di Rusia Pasangkan Headset VR ke Ternak Sapi, Tujuannya Apa Sih?

Ketika kamu membayangkan aplikasi VR paling mutakhir itu hal-hal canggih kayak di film-film Sci-Fi, anggap saja  kamu terlalu imajinatif. Teknologi ini bergerak sebenarnya tidak terlalu jauh dari kehidupan kita sehari-hari.

Sejumlah petani di Moskow, Rusia memasang headset VR yang sudah dimodifikasi ke sapi ternak mereka. Mereka ingin tahu apakah dengan stimulus dari perangkat ini, suasana hati sapi ternak meningkat.

Tentu saja tujuannya adalah sapi para petani tersebut dapat memproduksi susu lebih baik dan lebih banyak.

Sapi di Moskow kenakan perangkat VR (mosreg.ru)

Proyek untuk hewan ternak ini mensimulasikan ladang musim panas warna-warna yang disesuaikan dengan mata binatang. 

Hal tersebut diharapkan memberi mereka pemandangan yang jelas lebih menyenangkan daripada lahan pertanian biasa di Moskow yang kerap terbatas luasnya. Mungkin beda kalau di Siberia yang masih banyak tanah kosong.

Dan tentu saja, headset disesuaikan dengan "fitur struktural" kepala sapi sehingga mereka bisa melihat dengan benar. 

Sapi di Moskow kenakan perangkat VR (mosreg.ru)

Pada tingkat dasar, tampaknya proyek ini bisa dibilang berhasil. Dalam uji coba pertama nampak bahwa teknologi VR dapat mengurangi kecemasan sapi dan meningkatkan sentimen mereka keseluruhan. 

Meskipun hal tersebut tidak bisa digunakan untuk memastikan seberapa baik teknologi tersebut akan mempengaruhi kualitas atau volume susu. Masih dibutuhkan studi yang lebih "komprehensif" untuk menjawab pertanyaan itu.

Bagi beberapa orang, penelitian ini mungkin mendatangkan sejumlah pertanyaan lanjutan. Semisal, mengapa tidak menempatkan sapi di padang rumput asli lebih sering lagi daripada sekedar dipakaikan headset VR? Atau bagaimana menangani masa pakai baterai? Dan apakah ada risiko mengganggu sapi ketika petani melepas headset dan menunjukkan kepada mereka realitas yang suram?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"