Pengguna iOS Akhirnya Dapat Mode Incognito dalam Aplikasi Google Maps

Pengguna iOS Akhirnya Dapat Mode Incognito dalam Aplikasi Google Maps

Sebagai pengembang Android, Google tentu mendahulukan pengembangan fitur-fitur aplikasi mereka pada platform tersebut. Sedangkan untuk rivalnya, iOS dari Apple, harus menunggu beberapa saat. Pun mereka punya tim pengembang sendiri di belakang.

Tetapi untuk beberapa aplikasi Android populer, seperti Google Maps, mau tak mau pengguna iOS harus bersabar. Meskipun sekarang kesabaran tersebut sudah terbayar lunas. Pemilik iPhone sekarang dapat menjaga aktivitas Google Maps mereka secara privat.

Pengguna iOs dapat mode Incognito Google Maps (engadget.com)

Google telah meluncurkan Mode Penyamaran (incognito) untuk pengguna iOS mulai hari ini. Tambahan fitur tersebut memberi pengguna iOS kemampuan yang sama untuk mencari dan menavigasi ke lokasi tanpa meninggalkan catatan di akun atau Riwayat Lokasi. 

Sekali lagi, mode tersebut memang tidak akan memengaruhi permintaan Assistant atau mencegah orang luar secara teoritis mengintip lalu lintas Google Maps kalian. Fitur ini terutama agar Google (dan siapa pun yang memiliki akses ke ponsel kalian) tidak akan tahu apa yang sedang kalian cari.

Sederhananya, kalian tetap akan terlihat ketika menggunakan aplikasi tersebut, sehinggia iklan tertarget akan tetap bisa datang. Tetapi ketika sudah tidak membuka aplikasi, jejak kalian akan terhapus dengan sendirinya.

Pengguna iOs dapat mode Incognito Google Maps (blog.google)

Dalam update kali ini, pengguna Android juga mendapatkan kontrol privasi tambahan khusus. Yakni akan segera ada opsi penghapusan massal untuk Timeline lokasi. Sehingga kalian dapat dengan cepat menghapus sekelompok tempat yang telah kalian kunjungi tanpa merambah ke pengaturan Maps dan menentukan rentang tanggal. 

Ini bisa sangat membantu jika kalian sedang merencanakan kejutan dengan mencari hadiah untuk seseorang terdekat. Kalian tak perlu khawtir kalau history kunjungan Google Maps kalian bisa merusak kejutan tersebut ketika mereka meminjam ponsel dan melihatnya sengaja atau tak sengaja.

Fitur baru untuk Android ini memang tidak akan tersedia untuk musim liburan akhir tahun ini hingga masa peluncurannya Januari nanti. Tetapi jika kalian merencanakan sesuatu untuk tahun depan, mungkin ini bisa menjadi kesempatan yang menarik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"