Apex Legends berencana memberi sanksi kepada pemain yang mengandalkan kemenangan dari anggota tim lainnya. Akun pemain yang hanya makan gaji buta ini kemungkinan akan di-ban.

Setiap pemain gim online multiplayer kemungkinan besar pernah berurusan dengan teman satu tim yang 'gabut'. Pemain ini biasanya tidak berbuat apa-apa atau hanya mengandalkan kemenangan dari anggota tim yang lain.

Salah satu gim online yang menderita masalah ini tentu saja adalah Apex Legends. Rencananya Respawn akan mengeluarkan larangan untuk pemain yang hanya merongrong keberhasilan rekan satu tim mereka tanpa berpartisipasi dalam pertandingan.

Apex Legends (engadget.com)

Memang rencana ini masih berbentuk peringatan. Respawn hanya akan mem-ban secara sementara pemain-pemain yang kedapatan melakukan praktik ini. Tetapi bisa saja mereka memberlakukan penangguhan atau larangan bermain secara permanen dalam "kasus-kasus ekstrem."

Pemain gabut atau yang di luar disebut dengan 'piggybacking' tidak unik untuk gim Apex atau genre battle royale semata. Tetapi mungkin hal ini menjadi masalah yang terasa serius daripada di genre lain. 

Saat ini pemain tidak dapat bermain dalam mode solo di Apex. Sedangkan sistem hadiah berjalan sangat tinggi di dalam pertandingan jika kalian tidak mau membayar uang sungguhan. Karena itu, banyak pemain tergoda untuk hanya menganggur dalam game atau melakukan tindakan yang minimal untuk mendapatkan pengalaman tanpa memberikan kontribusi kepada tim.

Apex Legends (engadget.com)

Apakah larangan ini membantu mengurangi praktik 'gabut' atau tidak? Untuk sementara ini tidak bisa dipastikan. Ada kekhawatiran bahwa para pemain mungkin akan mencari tahu cara agar mereka tetap terlihat berkontribusi untuk menghindari larangan. Dan tidak jarang pula pengembang game akan melarang pemain meskipun ia tidak melakukan praktik kecurangan tertentu.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations