Nokia Ciptakan Smartphone Tanpa Charger, Mau Saingan Sama Apple Nih?

Nokia Ciptakan Smartphone Tanpa Charger, Mau Saingan Sama Apple Nih?

HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia, telah mengumumkan beberapa smartphone yang akan hadir selanjutnya, termasuk Nokia X Series. Seri tersebut diketahui bakal hadir tanpa charger, lho gengs. Wih, masa sih?

Dilansir dari XDA Developers, Minggu (2/5/2021) lalu, perangkat selanjutnya yang tidak menyertakan charger adalah Nokia X20. Informasi ini pertama kali diungkap oleh pengguna Twitter TechDroider.

Dalam unggahannya, TechDroider menuliskan beberapa informasi mengenai spesifikasi hingga harga Nokia X20. Ia juga menampilkan screenshot berisi statement Nokia soal charger.

New Nokia X20 (XDA Developers)

"Tidak ada charger yang disertakan, dan dengan wadah 100 persen yang dapat dibuat kompos, kami telah mengurangi dampak ekologis dari Nokia X20," kata Nokia dalam laman resminya.

Langkah ini tentu mengikuti kebijakan serupa dari Apple. Ketika seri iPhone 12 diluncurkan tahun lalu, Apple menyatakan bahwa perangkat tidak akan menyertakan headphone atau charger di dalam kotak.

Apple mengatakan bahwa hal itu akan mengurangi pengemasan, penambangan material produksi, dan dampak emisi dari pembuatan dan peluncuran produk baru. Alasan tersebut kemudian dipakai juga oleh Nokia meski belum diketahui berapa besar dampak gerakan ini terhadap lingkungan. Yang penting usaha buat ramah sama bumi harus tetap dilakukan ya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"