NASA Miliki Partner untuk Program Turisme Luar Angkasa di ISS

NASA Miliki Partner untuk Program Turisme Luar Angkasa di ISS

Selama ini ilmu pengetahuan adalah milik siapa saja. Tetapi banyak biaya yang dibutuhkan untuk melakukan penelitian demi ilmu pengetahuan. Maka dari itu wajar mulai muncul dorongan privatisasi atas NASA. 

Dan proses tersebut saat ini bisa dibilang mencapai tonggak yang cukup penting. NASA telah memilih Axiom Space untuk membuat modul tujuan komersial pertama untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

NASA miliki partner untuk program turisme di ISS (nasa.gov)

Modul layak huni tersebut akan terhubung ke port forward Node 2 dari stasiun dan berfungsi sebagai contoh apa yang dapat dilakukan perusahaan. Axiom Space memiliki rencana untuk wisata ruang angkasa dan perjalanan pribadi lainnya.

Para pejabat di NASA berharap itu akan mengantarkan proyek  "ekonomi orbit rendah-Bumi" di atas ISS di mana NASA sendiri hanyalah salah satu pelanggan lain.

Axiom memenangkan lelang sebagai bagian kompetisi yang menawarkan akses mulai dari pakaian pribadi para turis ke fasilitas stasiun dan pelabuhan mereka sendiri. Sekarang sedang merundingkan kontrak yang akan mencakup periode "kinerja dasar" lima tahun dan opsi dua tahun.

NASA miliki partner untuk program turisme di ISS (nasa.gov)

Tidak pasti kapan modul Axiom akan siap, meskipun bertujuan untuk menawarkan perjalanan pada tahun 2021. Untuk saat ini mereka memang tidak memiliki banyak ruang gerak, karena NASA baru ingin beralih ke ISS yang lebih diprivatisasi setelah 2024. 

Aman untuk mengatakan bahwa kerjasama tersebut menjadi penanda keberangkatan ISS dari hari-hari 'klasik' yang berorientasi pada penelitian, terutama ketika Rusia menjual perjalanan mereka sendiri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"