Akan ada banyak usaha yang sedang dilakukan pengembang teknologi untuk membawa peningkatan visual ray tracing ke lebih banyak game. Microsoft telah memperkenalkan framework DirectX 12 Ultimate yang menjadikan ray tracing dan efek visual lainnya lebih efisien dan lebih fleksibel.
Teknik ray tracing inline baru memberi kontrol lebih besar pada efek pencahayaan yang lebih masuk akal untuk gim tertentu. GPU shader dapat memanggil ray tracing tanpa berbicara dengan CPU dan mesin streaming dapat lebih efisien memuat ray tracing shader saat berkeliling dalam gim. Dan gim kalian tidak akan membebani sistem sebanyak sebelumnya.
Trik lain mungkin tidak terlalu mencolok, tetapi bisa sangat membantu meningkatkan kinerja di gim kalian. Variable Rate Shading dapat men-tweak penggunaan shader efek visual untuk menggunakannya lebih atau kurang tergantung pada game.
Sementara mesh shader dapat memungkinkan visal lebih detail di dunia gim modern yang biasanya besar. Sampler Feedback, sementara itu, membantu game memuat tekstur hanya saat dibutuhkan dan sebagai hasilnya, meningkatkan kinerja.
Microsoft bersikukuh bahwa kompatibilitas tidak akan menjadi masalah. Gim yang dikerjakan untuk DirectX 12 Ultimate masih akan berjalan di peranti keras lain. Kalian hanya tidak akan mendapatkan semua opsi visual. AMD dan NVIDIA sama-sama berusaha keras dalam kerangka ini.