Mengenal Letterboxd: Platform untuk Berdiskusi Soal Film yang Baru Populer Tahun 2020, Padahal Sudah Ada Sejak 2011

Mengenal Letterboxd: Platform untuk Berdiskusi Soal Film yang Baru Populer Tahun 2020, Padahal Sudah Ada Sejak 2011

Sejak pandemi, banyak orang mulai punya banyak kegiatan baru atau mungkin kegiatan lama tapi jadi aktif kembali. Semua kegiatan itu dilakukan agar mengurangi waktu keluar rumah, agar aman terhindar dari virus Covid-19 yang merajalela.

Salah satu hobi lama yang kemudian jadi getol salah satunya adalah nonton film dan ngadepin gawai untuk bermain medsos. Nah, berbeda dengan TikTok yang memang lumayan baru (rilis tahun 2016), atau malah clubhouse yang memang baru banget (baru rilis 2020), medsos Letterboxd justru baru lumayan happening di tahun 2020, padahal sudah ada sejak 2011.

# Apa itu Letterboxd?

Sinopsis film di Letterboxd (chrome.google.com)

Beberapa orang mungkin menganggap Letterboxd sebagai situs tempat kritikus film amatir memposting ulasan mereka, tetapi itu tidak kurang tepat. Di halaman FAQ-nya sendiri, Letterboxd mendefinisikan dirinya sebagai “jaringan sosial global untuk diskusi dan penemuan film akar rumput.”

Dengan kata lain, Letterboxd adalah situs media sosial untuk orang-orang yang menyukai film, dan kamu tidak perlu menjadi kritikus film untuk menggunakannya. Situs ini menghargai diskusi dan penemuan secara setara.

Sebuah tagline di beranda Letterboxd berbunyi:

“Lacak film yang telah kamu tonton. Simpan yang ingin kamu lihat. Beri tahu temanmu apa yang bagus.”

Ada ribuan orang yang menggunakan situs ini untuk dua kalimat pertama — mereka melacak apa yang mereka tonton dan menandai film untuk dilihat nanti.

Letterboxd telah menawarkan layanan ini sejak 2011, tetapi popularitasnya meningkat pada tahun 2020 karena pandemi membatasi kita di rumah, lapor Times.

# Cara kerja Letterboxd



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"