Mengenal Clubhouse, Aplikasi yang Lagi Hits dengan Pendaftaran yang Eksklusif

Mengenal Clubhouse, Aplikasi yang Lagi Hits dengan Pendaftaran yang Eksklusif

Ada aplikasi baru lagi nih gengs yang lagi naik daun, namanya Clubhouse . Tapi aplikasi ini terancam diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo).

Soalnya Clubhouse belum terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia. Menurut Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi, ketentuan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 5 Tahun 2020 yang diundangkan pada November lalu.

"Sesuai PM Nomor 5 Tahun 2020, bagi (PSE) yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses," ungkap Dedy dikutip dari KompasTekno, Selasa (16/2/2021).

Aplikasi Clubhouse (theguardian.com)

Adapun kewajiban pendaftaran PSE diatur dalam Pasal 2. Tertulis bahwa "kewajiban melakukan pendaftaran bagi PSE Lingkup Privat dilakukan sebelum Sistem Elektronik mulai digunakan oleh Pengguna Sistem Elektronik".

Masalah ini bakalan selesai kalau Clubhouse bisa segera mendaftar sesuai ketentuan. Masa pendaftaran PSE di Indonesia dibuka selama enam bulan sejak peraturan tersebut diundangkan pada 24 November lalu.

Aplikasi Clubhouse baru menjangkau pengguna iOS saja. Versi Android masih dalam perkembangan. Namun, belum diketahui kapan aplikasi itu bisa diunduh di Play Store.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"