Perusahaan Dell melalui merek dagang Alienware mereka berencana merilis monitor gaming berukuran 55 inci dengan teknologi OLED. Karena untuk kebutuhan video gim, syarat paling utama tentu hanya satu, yakni refresh rate.

Layar besar bukan lagi sekedar untuk menonton film. Tahun lalu NVIDIA membuktikan hal ini dengan dengan layar BFG 65-inci. Sekarang Dell Alienware mengambil risiko di pasaran monitor gamer. Tak sekedar layar LCD besar, kali ini adalah layar OLED 4K 55 inci yang berjalan pada 120 Hz. Dan tidak seperti tampilan lainnya, Alienware 55 OLED Monitor sebenarnya dapat menjalankan 4K pada kecepatan refresh yang tinggi.

Dari segi desain luaran, layar Alienware OLED didesain modern sebahasa dengan Area 51m. Berpulaskan garis yang bersih dan lekuk yang halus. Dari depan, memang nampak seperti TV OLED lainnya. Namun, di bagian belakang, ada strip lampu AlienFX LED, logo Alienware yang bersinar dan tentu pemandangan "55" besar terpampang di sana. Seperti monitor komputer, dan tidak seperti kebanyakan TV, Dell memasang jalur kabel dan penutup yang dapat dilepas untuk menyembunyikan semua kabel PC.

Alienware OLED (tomshardware.com)

Selama demo singkat di CES, Alienware OLED tampak sebagus LG OLED 55 inci bahkan ketika dipajang di ruang tamu. Warna-warna menyemburat dari layar dan garis hitam gelap sebagai bezel menyedot perhatian banyak orang. Dell melakukan pekerjaan yang sangat bagus untuk memamerkan kontras gila yang biasa ditemukan dari OLED. Sesuatu yang tak akan kalian lihat jika menonton TV LCD. Sayangnya, pada demo tersebut, Alienware OLED tidak benar-benar digunakan untuk menjalankan game. Meskipun masih tampak hebat ketika menjalankan demo 60 FPS 4K HDR dari YouTube. Meskipun mendukung HDR, Dell masih bekerja pada dukungan Dolby Vision.

Jadi apa yang membuat tampilan Alienware ini berbeda dari TV OLED biasa? Pertama, ia mendukung kecepatan refresh variabel hingga kecepatan refresh maksimum 120Hz, sedangkan banyak TV dikunci hingga 120Hz jika mereka mendukungnya. Selain itu, ia memiliki koneksi DisplayPort 1.4, yang mendukung 4K walau digeber pada tingkat refresh yang tinggi. HDMI pada sebagian besar TV terbatas pada 4K pada 60 FPS, dan sementara menunggu HDMI 2.1 yang baru akan muncul pada perangkat terbaru LG.

Alienware OLED (digitaltrends.com)

Sehebat apapun tampilan layar BFG milik NVIDIA, termasuk Omen X Experium baru dari HP, semua terasa kosong jika dibandingakan dengan manfaat OLED. Tentu layar-layar tadi dapat mendukung kecepatan refresh yang lebih tinggi lagi. Namun kecepatan ini pada dasarnya untuk monitor desktop yang berukuran inci, atau maksimal kita sudah merasa dimanjakan dengan tampilan ultrawide 34 inci. Pada akhirnya, LCD adalah teknologi yang sudah menua, dan lebih masuk akal untuk berinvestasi ke dalam sesuatu yang secara teknis lebih baik di masa yang akan datang.

Dell masih menimbang-nimbang berapa harga untuk monitor OLED Alienware 55-inci, tetapi perusahaan berencana untuk merilisnya pada paruh kedua tahun ini. Dell juga membawa OLED ke XPS 15 inci, Alienware dan laptop seri G pada bulan Maret. Jika nantinya terwujud, senang melihat perusahaan menjelajahi dunia di luar LCD.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations