Komputer Macintosh yang Pertama Mulai Dijual, Sekarang Jadi Barang Langka!

Komputer Macintosh yang Pertama Mulai Dijual, Sekarang Jadi Barang Langka!

Anak jaman sekarang kenalnya udah komputer dan laptop yang canggih. Mudah dioperasikan dan spesifikasinya beragam banget.

Ada yang khusus buat gaming, desain, punya body tipis, tahan lama, dan banyak lagi speknya.

Tahu gak gengs, komputer pribadi jaman dahulu kayak gimana? Terutama buatan Apple yang saat ini masih jadi produk primadona.

Komputer Macintosh yang Pertama Mulai Dijual

Komputer Macintosh yang Pertama Mulai Dijual Komputer Macintosh yang Pertama Mulai Dijual (openculture.com)

Macintosh atau Mac adalah komputer pribadi yang diproduksi oleh Apple Inc. Komputer Macintosh yang pertama mulai dijual pada 24 Januari 1984 oleh Steve Jobs.

Komputer Macintosh yang pertama mulai dijual ini ternyata sukses di pasaran. Bayak peminatnya gengs. Lucu ya bentuknya jaman dulu. Sekarang jadi barang langka.

Produksi Mac didasarkan pada model integrasi vertikal di mana Apple membuat semua aspek perangkat kerasnya dan menciptakan sistem operasinya sendiri (disebut Mac OS).

Jadi dari Komputer Macintosh yang pertama mulai dijual, Apple ini udah punya perangkat lunaknya sendiri untuk setiap produk yang dihasilkan.

Sejak Komputer Macintosh yang pertama mulai dijual, Apple secara eksklusif memproduksi perangkat keras Mac, memilih sistem internal, desain, dan menentukan harga.

Ketika Komputer Macintosh yang pertama mulai dijual, Apple juga mengembangkan sistem operasi untuk Mac, saat ini sampai pada Mac OS X versi 10.6 "Snow Leopard".

Mac modern, seperti komputer pribadi lainnya, mampu menjalankan sistem operasi alternatif seperti Linux, FreeBSD, dan dalam kasus Mac berbasis Intel, Microsoft Windows. Namun, Apple tidak melisensikan Mac OS X untuk digunakan pada komputer non-Apple.

Prototype Macintosh (dailymail.co.uk)

Proyek Macintosh dimulai pada akhir 1970-an oelh Jef Raskin (1943–2005). Seorang karyawan Apple, yang membayangkan sebuah komputer berbiaya rendah yang mudah digunakan untuk konsumen rata-rata.

Dia ingin menamai komputer itu dengan jenis apel favoritnya, McIntosh, tetapi namanya harus diubah karena alasan hukum.

Pada September 1979, Raskin diberi wewenang oleh manajemen untuk mulai merekrut orang untuk proyek tersebut. Bill Atkinson, anggota tim Lisa dari Apple (yang mengembangkan komputer yang serupa tetapi lebih tinggi), memperkenalkannya kepada Burrell Smith, seorang teknisi.

Selama bertahun-tahun, Raskin membentuk tim pengembangan yang merancang dan membangun perangkat keras dan perangkat lunak Macintosh.

Komputer Macintosh yang pertama mulai dijual dirancang oleh Burrell Smith, memiliki RAM 64 kilobyte (KB). Menggunakan mikroprosesor Motorola 6809E, dan mampu mendukung tampilan bitmap 256 x 256 piksel hitam-putih.

 

Pada Desember 1980, Smith telah berhasil merancang komputer Macintosh yang pertama mulai dijual yang tidak hanya menggunakan 68000, tetapi juga meningkatkan kecepatannya dari 5 hingga 8 megahertz (MHz). Bboard ini juga memiliki kapasitas untuk mendukung tampilan 384 × 256 piksel.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"