Kompak! Facebook, Google, YouTube, dan Kawan-Kawan Blokir Media Pemerintah Rusia di Eropa

Kompak! Facebook, Google, YouTube, dan Kawan-Kawan Blokir Media Pemerintah Rusia di Eropa

Menanggapi konflik Rusia dan Ukraina yang makin memanas. Facebook, TikTok dan Microsoft menindak outlet berita yang didukung Kremlin Russia Today (RT) dan Sputnik disusul larangan Uni Eropa terhadap media pemerintah Rusia.

"Kami telah menerima permintaan dari sejumlah pemerintah dan UE untuk mengambil langkah lebih lanjut sehubungan dengan media yang dikendalikan negara Rusia. Mengingat sifat luar biasa dari situasi saat ini, kami akan membatasi akses ke RT dan Sputnik di seluruh UE saat ini, " kata Nick Clegg, presiden urusan global di induk Facebook Meta.

# Tiktok dan Microsoft Juga Blokir Outlet Rusia di UE

Seorang juru bicara TikTok mengatakan kepada National Public Radio bahwa mereka juga memblokir dua outlet di UE. Langkah tersebut berarti orang yang menggunakan aplikasi media sosial di negara-negara Uni Eropa tidak akan dapat mengakses halaman atau konten yang diposting oleh RT dan Sputnik.

Microsoft pada juga mengatakan akan menghapus aplikasi berita RT dari toko aplikasi ponsel pintarnya, tidak menampilkan konten RT atau Sputnik apa pun di umpan berita Microsoft Start dan MSN.com, dan mendorong situs tersebut ke bawah dalam hasil pencarian Bing.

Ukraina blokir jejaring sosial Rusia (republika.co.id)

# Larangan Dua Outlet Rusia di UE

Beberapa waktu lalu Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen mengumumkan larangan dua outlet, yang dia gambarkan sebagai "mesin media Kremlin."

“Russia Today dan Sputnik milik negara, dan anak perusahaan mereka, tidak akan lagi dapat menyebarkan kebohongan mereka untuk membenarkan perang Putin,” tweetnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"