Kepoin Perbedaan Front-End, Back-End, dan Fullstack Developer Berikut Ini Yuk!

Kepoin Perbedaan Front-End, Back-End, dan Fullstack Developer Berikut Ini Yuk!

Situs web sekarang menjadi komponen penting bagi bisnis apa pun agar tetap kompetitif. Dan karena tren pengembangan web dan praktik terbaik berubah secara praktis seiring musim, provesi sebagai developer sangat dibutuhkan.

Tetapi bagaimana kamu tahu persis jenis pengembangan web apa yang harus dicari dan dilatih? Jika Anda melihat-lihat situs daftar pekerjaan atau menelusuri kursus online, Anda mungkin telah menyimpulkan bahwa pengembangan web cenderung dipecah menjadi tiga konsentrasi utama: front-end, back-end, dan tumpukan penuh.  

Jika kamu telah mencoba-coba HTML, JavaScript, atau mungkin sedikit Python, tetapi kamu tidak yakin jalur mana yang harus dilalui, coba deh baca penjelasan di bawah ini!

1. Apa itu Front-End Developer?

Front-end situs web adalah bagian yang berinteraksi dengan pengguna. Segala sesuatu yang kamu lihat saat bernavigasi di Internet, mulai dari font dan warna hingga menu tarik-turun dan bilah geser, adalah kombinasi HTML, CSS, dan JavaScript yang dikendalikan oleh browser komputer.

Beda Front end dan back end developer (endangkurniawan.com)

# Keterampilan dan Alat yang Diperlukan untuk Front-End Developer

Front-end developer bertanggung jawab atas kode yang menghadap pengguna situs web dan arsitektur UX atau User Experience (Pengalaman pengguna) yang imersif. Untuk menjalankan tujuan tersebut, front-end developer harus mahir dalam tiga bahasa utama: HTML, CSS, dan pemrograman Javascript.

Selain kefasihan dalam bahasa ini, para front-end developer harus terbiasa dengan kerangka kerja seperti Bootstrap, Foundation, Backbone, AngularJS, ReactJs dan EmberJS, yang memastikan konten yang tampak hebat apa pun perangkatnya, dan perpustakaan seperti jQuery dan KURANG, yang kode paket menjadi bentuk yang lebih berguna dan menghemat waktu.

Front-end developer juga membutuhkan pengalaman dengan Ajax, teknik yang banyak digunakan untuk menggunakan Javascript yang memungkinkan halaman dimuat secara dinamis dengan mengunduh data server di latar belakang.

Intinya front-end developer bertanggung jawab atas desain interior rumah yang dibangun oleh back-end developer

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"