Kapal Perang AS Uji Coba Senjata Laser yang Ampuh Buat Menembak Jatuh Drone

Kapal Perang AS Uji Coba Senjata Laser yang Ampuh Buat Menembak Jatuh Drone

Selain budaya populernya, Amerika Serikat dikenal akan berbagai inovasinya dalam dunia teknologi. Termasuk untuk persenjataan militer yang canggih banget.

Baru-baru ini, militer AS melakukan uji coba persenjataan militer baru bikinannya. Tapi kali ini senjata itu beda banget, senjata laser gengs!

Senjata laser di film Star Wars (dailymail.co.uk)

Senjata laser itu diujicobakan dari kapal perang AS untuk angkatan lautnya. Senjata itu adalah laser berenergi tinggi.

Target dari senjata laser canggih ini adalah drone, atau pesawat pengintai militer yang diterbangkan musuh.

Pihak Angkatan Laut AS memberikan sedikit gambaran tentang senjata laser tersebut. Mereka mengatakan bahwa senjata laser itu diletakkan digeladak kapal dermaga pengangkut amfibi, USS Portland. 

Senjata laser itu pun bisa menjatuhkan sebuah drone dalam sejekap.

Senjata laser dari kapal perang AS (naval-technology.com)

Senjata laser ini disebut Laser Weapon System Demonstrator (LWSD). Tapi nggak diungkap secara jelas mengenai rincian lainnya. Yang pasti, laser ini diyakini punya tenaga sebesar 150 kilowatt.

Sekilas, prinsipnya hampir serupa dengan senjata laser yang ada di film Star Wars atau film-film Hollywood lainnya yang bertema perang di masa depan. Pokoknya yang ada adegan perang laser deh. 

Senjata laser canggih ini jelas sangat mematikan.

Targetnya adalah drone atau pesawat pengintai musuh (defensenews.com)

Pihak Angkatan Laut AS mengatakan bahwa penggunaan senjata laser itu adalah implementasi sistem tingkat pertama dari laser solid-state berenergi tinggi. Dan emang diinstal pada Armada Pasifik.

Kkare Sanders, Komandan USS Portland mengatakan bahwa senjata ini bisa membuka jalan ke senjata masa depan.

"Laser Weapon System Demonstrator merupakan sistem dengan kemampuan unik yang dapat diuji dan dioperasikan oleh Portland untuk Angkatan Laut, sambil membuka jalan bagi sistem senjata masa depan," kata Kkarey.

Senjata laser ini mengubah energi kimia atau listrik menjadi energi yang dipancarkan pada target. Dengan begitu, senjata ini sangat efektif menembak jatuh drone musuh.

Gokil banget nih senjata, bakal perang laser gak ya? (chinatopix.com)

Pada 2017 lalu, Letnan Cale Hughes yang bertugas untuk sistem senjata laser AS, mengatakan kepada CNN bahwa senjata laser itu bisa mengenai target dengan kecepatan cahaya.

Jadi ke depannya kita nggak usah heran lagi deh kalo kemungkinan perang laser bakal ada beneran. Bisa jadi lebih cepat dari yang kita perkirakan. Kayak di film Star Wars atau Star Trek bisa jadi kenyataan juga ....

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"