Jualan Sticker Chat Jadi Cara Baru Streamer YouTube Buat Dapatkan Uang

Jualan Sticker Chat Jadi Cara Baru Streamer YouTube Buat Dapatkan Uang

Streamer di platform YouTube kini punya cara baru untuk mendapatkan uang. Lewat jualan sticker chat.

Persaingan platform streaming akhir-akhir ini semakin memanas. Sementara itu penawaran terbaik dari masing-masing platform kepada para streamer adalah dengan memberi cara untuk mendapatkan uang. 

Streamer di Twitch dan Mixer memiliki sejumlah cara seperti langganan berbayar, in-apps curency, dan donasi. Sedangkan YouTube sudah lama memiliki banyak opsi monetisasi seperti langganan berbayar dan Super Chat (komentar berbayar yang disematkan di bagian atas chat box).

Streaming menggunakan platform YouTube (gamerevolution.com)

Kali ini YouTube menawarkan opsi terbaru berupa stiker animasi yang dapat dibeli oleh penonton untuk menunjukkan dukungan mereka kepada para kreator.

YouTube mulai menguji Stiker Super pada bulan Juli dan sekarang meluncurkannya ke semua pembuat konten yang memenuhi syarat di 60 negara. 

Ketika saluran menjalankan streaming atau pemutaran perdana video, penonton dapat mengekspresikan dukungan mereka dengan membeli stiker lantas menuliskannya dalam obrolan. Pembuat konten lantas mendapat persenan dari pembelian Stiker Super oleh penonton.

Sticker Chat yang bisa dibeli para penonton dari streamer (engadget.com)

Kreator dapat memoderasi Super Stiker dan delapan paket stiker lainnya yang tersedia di awal saat ini, lima di antaranya adalah animasi. Paket termasuk biografi yang menyarankan konteks kapan dan mengapa penonton mungkin menggunakan stiker tertentu. 

YouTube akan menawarkan paket dalam beberapa bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Prancis, Jepang, Korea, dan Portugis. 

Streamer harus memenuhi kriteria yang sama seperti pada Super Chat untuk mengaktifkan Super Stiker. Dan sekarang ini sudah ada lebih dari 100.000 streamer YouTube yang telah mengaktifkan Super Chat sejauh ini.

Keberadaan fitur ini tentu menambahkan lebih banyak cara bagi streamer untuk menghasilkan uang. Dan menjadi strategi penting bagi YouTube untuk menghadapi pertempuran dengan Twitch dan Mixer. Agar para kreator tertarik ke platform tersebut dan bertahan di dalamnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"