Jangan Panik! Begini 6 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Jangan Panik! Begini 6 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Ada kalanya kita pernah mengalami momen apes seperti menumpahkan air atau menjatuhkan HP ke dalam air. Hingga akhirnya, air yang terkena di body HP punu masuk ke lubang speaker dan mempengaruhi suaranya.

 

Kalau kamu tiba-tiba mengalami hal apes kayak gini, gak usah panik. Sebab, ada beberapa cara mengatasi speaker HP kemasukan air yang bisa kamu atasi di rumah.

 

Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Segera matikan perangkat

Tips mengatasi speaker HP kemasukan air (cnn indonesia)


 

Apabila kondisi handphone masih hidup saat jatuh ke dalam air, langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah mematikannya. Kalau masih gak mau mati, segera keluarkan baterai dan kartu SIM. kemudian keringkan di bagian yang memungkinkan dengan kain bersih atau kapas.

 

Setelahnya, letakkan HP dalam posisi terbalik selama 10-15  menit. Biarkan HP dalam kondisi mati hingga kamu sudah siap untuk memperbaikinya.

 

2. Gunakan fitur pembersih speaker yang ada pada HP

 

Pada beberapa jenis HP Android telah disediakan fitur untuk membersihkan speaker secara otomatis. Fitur ini juga bisa membantu untuk mengeluarkan suara bernada tinggi dengan volume keras supaya menghilangkan debu atau air yang ada di speaker.

 

Kamu bisa menemukan fitur ini dengan membuka halaman Pengaturan - Pengaturan Tambahan - Pembersih Speaker dan ikuti petunjuk untuk membersihkan air dari speaker.

 

Jika di HP kamu belum memilikinya, kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi khusus membersihkan speaker seperti Speaker cleaner, Super Speaker Cleaner, Fix My Speakers, dan masih banyak lagi.

 

3. Biarkan airnya mengering dengan sendirinya



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"