Instagram Uji Coba Penghapusan Fitur Sukai atau Likes di Postingan Pengguna

Instagram Uji Coba Penghapusan Fitur Sukai atau Likes di Postingan Pengguna

Fitur likes di Instagram bisa jadi akan dihapuskan demi kebaikan pengguna. Penghapusan ini bisa saja dilakukan jika uji coba yang dilakukan oleh prusahaan terbukti secara baik.

Penghamba ‘likes’ adalah salah satu masalah yang nyata dari keberadaan media sosial dewasa ini. Terutama untuk Instagram. Bahkan menurut pengakuan selebgram, mereka bisa sangat down ketika postingan terbaru mereka tidak memiliki ‘penyuka’ yang lebih, atau minimal setara dari postingan sebelumnya.

Untuk itu, saat ini Instagram sedang menguji sebuah fitur yang bertujuan untuk menyembunyikan likes dari tampilan sebuah unggahan. Mereka pertama kali menguji fitur ini di Kanada pada bulan April yang lalu. Meskipun perusahaan aplikasi berbagi foto milik Facebook ini belum membagikan hasilnya, mereka bersiap untuk memperluas wilayah pengujian tersebut.

Fitur likes Instagram (dft.ba)

Platform tersebut sekarang menyembunyikan likes dan tampilan video untuk beberapa pengguna di Australia, Brasil, Irlandia, Italia, Jepang dan Selandia Baru, selain Kanada. Mungkin dengan semakin banyak sample uji coba, maka hasil yang nanti didapatkan bisa lebih komprehensif.

(Twitter @instagram)

Dari pengumuman tersebut, kita bisa melihat bahwa beberapa pengguna yang terpilih akan mendapatkan banner yang bertuliskan “Kami ingin pengikut kalian fokus pada apa yang kalian bagikan, bukan berapa banyak jumlah likes/sukai di postinganmu.” Mereka juga mengungkapkannya di akun Twitter resmi perusahaan.

(Twitter @instagram)

Penguji masih dapat melihat berapa banyak likes yang mereka dapatkan, tetapi teman-teman mereka hanya akan mendapatkan ide yang samar-samar. Pada contoh gambar yang dibagikan Instagram, baris di bawah tulisan itu bertuliskan "Disukai oleh [pengguna] dan lainnya."

Fitur likes di Instagram (moneyinc.com)

Dengan lebih banyak wilayah pengujian dan akun yang berpartisipasi dalam percobaan, Instagram mungkin memiliki cukup data untuk ditampilkan di masa mendatang. Mungkin kemudian kita bisa mengetahui apakah menyembunyikan likes memiliki efek yang baik pada perilaku pengguna dan apakah itu dapat membantu orang berhenti membandingkan diri satu sama lain.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"