Instagram Reels Sudah Bisa Dicoba di Indonesia, Saingan sama TikTok Nih?

Instagram Reels Sudah Bisa Dicoba di Indonesia, Saingan sama TikTok Nih?

Pengembangan dan inovasi terus dilakukan oleh aplikasi media sosial Instagram demi tujuan yang diinginkan. Salah satunya yakni dengan memunculkan fitur Instagram Reels.

Setelah diperkenalkan secara global pada November 2019 lalu, fitur perekaman video pendek mirip TikTok dari Instagram, Reels, sekarang sudah mulai hadir di Indonesia dan bisa dinikmati masyarakat Indonesia.

Per hari Rabu (23/6/2021), tombol Reels sudah muncul di sisi bawah layar, berdampingan dengan fitur lainnya. Letaknya berada di antara ikon "Search" dan "Shop".

Ketika meng-klik ikon Reels, pengguna akan menjumpai konten video pendek yang diekspresikan oleh pengguna lainnya. Tampilan antarmukanya mirip dengan halaman "For Your Page" (FYP) yang ada di aplikasi TikTok.

Instagram Reels (Pikiran Rakyat)

Pengguna bisa mengusap (swipe) layar ke atas untuk melihat konten video pendek selanjutnya yang dibuat pengguna lain, serta mengusap layar ke bawah untuk menyaksikan konten yang sudah dilihat sebelumnya.

Konten yang diunggah bisa dikomentari seperti video TikTok. Pengguna juga bisa memberikan like dan membagikan (forward) konten tersebut ke teman-teman. Penempatan tombol like, comment, dan share berada di sisi kanan video.

Untuk membuat video Reels, pengguna cukup meng-klik ikon kamera yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih opsi apakah ingin merekam video atau mengambil dari galeri ponsel.

Sebelum diunggah, video bisa ditambahi efek, stiker, musik, caption, dan lain sebagainya. Setelah itu, tinggal klik "Next" di bagian bawah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"