Demi kualitas yang lebih baik lagi, kini Instagram tengah mengembangkan fitur 'Usage Insight' yang akan membantu pengguna mengetahui berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk membuka aplikasi itu.
Fitur ini dikembangkan oleh CEO Instagram, Kevin Systrom, setelah seorang peneliti aplikasi Jane Manchun Wong menemukan fitur penunjuk waktu itu tersembunyi di aplikasi Android Instagram.
Systrom mengaku bahwa rata-rata waktu yang dihabiskan orang-orang di internet dapat mempengaruhi kehidupan mereka. Oleh sebab itu, Instagram ingin aplikasinya lebih transparan dengan para penggunanya. Setidaknya, pengguna bisa tahu berapa lama waktu yang mereka habiskan di aplikasi media sosial tersebut.
Sebelumnya, Google dan perusahaan induk Instagram maupun Facebook telah membuat fitur serupa. Demikian, Instagram bukanlah satu-satunya perusahaan aplikasi yang mulai memikirkan bagaimana pengguna menggunakan produk mereka.
Google misalnya, telah membuat program yang bertujuan untuk memastikan penggunanya menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman atau keluarga daripada ponselnya. Hal ini juga akan dilakukan oleh YouTube yang akan melengkapi lamannya dengan fitur statistik pengguna dan pengurangan notifikasi untuk memudahkan penggunanya melepaskan ponselnya dari tangannya.