Inikah Penyebab Jaringan Indihome dan Telkomsel Terganggu di Bawah Laut?

Inikah Penyebab Jaringan Indihome dan Telkomsel Terganggu di Bawah Laut?

Jaringan Indihome dan Telkomsel pada Minggu (19/9) sempat terganggu. Hal ini membuat banyak pengguna Indihome dan Telkomsel bertanya-tanya soal penyebab gangguan tersebut. Beredar kabar bahwa kabel jaringan Indihome dan Telkomsel yang berada di bawah laut dimakan oleh ikan hiu.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, sebuah foto diduga ikan hiu sedang menggigit kabel di bawah laut viral di sosial media. "Oala ikan hiu kelaparan kabel Telkom dikira sosis," tulis keterangan foto tersebut. Banyak warganet menduga akibat digigitnya kabel jaringan membuat Indihome dan Telkomsel tak berfungsi sempurna.

Konon kabel serat optik tersebut menggoda ikan hiu. Namun ada juga yang menyebut bahwa foto hiu sedang memakan kabel optik itu terjadi pada 2014 silam. Kabel serat optik itu milik Google yang ditanam di Samudera Pasifik. Gara-gara kejadian itu banyak pihak meminta Google untuk mengganti kabel serat optik agar hal itu tak terjadi lagi.

Ikan Hiu Diduga Makan Kabel Optik Indihome dan Telkomsel (Ayo Indonesia)

Pihak Telkom sudah memberikan penjelasan bahwa kejadian tersebut karena adanya sistem komunikasi kabel laut di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan ruas Batam - Pontianak alami  masalah. Masalah terjadi pada Minggu (19/9) pukul 17.33 WIB.

Kejadian ini memiliki dampak besar terhadap penurunan layanan Telkom Grup seperti fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah di Indonesia. Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan masalah tersebut sudah terdeteksi.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"