Ini Lho Vespa Pertama yang Didesain Buat Hancurin Tank dan ... Bisa Terbang~

Ini Lho Vespa Pertama yang Didesain Buat Hancurin Tank dan ... Bisa Terbang~

Vespa yang kamu kenal saat ini emang kece-kece gengs. Tapi jaman perang dulu, skuter macem Vespa didesain lebih gokil lagi ... lebih tangguh, lebih canggih. Terbaik di kelasnya lah~

Kalo gitu, ceritanya kita balik dulu ke tahun 1946. Saat itu lagi era setelah Perang Dunia II dan Enrico Piaggio langsung membangun pabrik. 

Dibantu oleh pasukan Sekutu, markas itu dibangun di Florence, Italia.

Enrico Piaggio dan skuter bikinannya, Vespa~ (pinterest.com)

Dia pengin punya skuter yang terinspirasi dari sepeda motor Cushman tahun 1944. Sepeda motor Cushman sendiri jadi sumber inspirasinya karena waktu itu bisa dijatuhkan dengan parasut.

Di tahun 1946 itu, Piaggio menciptakan skuter model MP6 yang kemudian disebut Vespa. Sementara pada April 1946, skuter itu dipatenkan di Central Patents Office dan mulai diproduksi setelah itu.

Semenjak diproduksi masal, Vespa telah memiliki banyak model selama bertahun-tahun. Vespa mulai digandrungi masyarakat dunia kala itu dan digunakan untuk berbagai keperluan.

Tapi, ada nih satu model Vespa yang paling terkenal canggih, tangguh, dan gak ada duanya. Vespa TAP 150.

Vespa TAP 150, buat perang jaman dulu (reddit.com)

Vespa TAP 150 ini diproduksi oleh ACMA, sebuah produsen model Vespa berlisensi di Prancis. Vespa jenis ini kemudian dipesan oleh militer Prancis tahun 1954 buat nyerang Aljazair. Termasuk digunakan saat perang di Indochina tahun 1962. 

Nama TAP untuk serial skuter Vespa canggih ini diambil dari singkatan Troupes Aéroportées (TAP) yaitu pasukan angkatan udara Prancis yang bisa dipacu hingga 40 mil per jam, sekitar 64 km/jam. Termasuk gak oke sih buat touring, lelet banget.

Skuter ini punya mesin berkapasitas 146 cc dengan basis mesin Vespa 125.

Gokilnya nih ... meskipun lelet, Vespa TAP 150 emang didesain buat perang banget. Kenapa? Soalnya skuter ini dirancang juga buat membawa meriam M20 75mm recoilless. Senjata beginian bisa nembus armor tank setebal 100mm!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"