Ini Dia Robot Terkecil di Dunia, Ukurannya Hanya Setengah Mili!

Ini Dia Robot Terkecil di Dunia, Ukurannya Hanya Setengah Mili!

Dunia teknologi emang gak ada abisnya. Makin hari makin ada inovasi yang bikin publik terkagum-kagum. Kabar terbaru, Insinyur dari Universitas Northwestern telah mengembangkan robot kendali jarak jauh terkecil di dunia dalam bentuk kepiting.

Robot kendali jarak jauh yang belakangan dikembangkan ini memiliki lebar setengah milimeter dan sangat mobile. Wow, kecil banget kan? Robot itu berbentuk kepiting, lebih kecil dari kutu, dan dapat membungkuk, memutar, merangkak, berjalan, berputar, bahkan melompat.

Sebuah Pencapaian di Bidang Robotika Skala Mikro

Ukuran robot terkecil di dunia (sains.sindonews.com)

“Robotika adalah bidang penelitian yang menarik, dan pengembangan robot skala mikro adalah topik yang menyenangkan untuk eksplorasi akademis,” kata John A. Rogers, yang memimpin penelitian eksperimental. 

“Anda mungkin membayangkan robot mikro sebagai agen untuk memperbaiki atau merakit struktur atau mesin kecil di industri atau sebagai asisten bedah untuk membersihkan arteri yang tersumbat, untuk menghentikan pendarahan internal atau untuk menghilangkan tumor kanker – semuanya dalam prosedur invasif minimal.”

“Teknologi kami memungkinkan berbagai modalitas gerak terkontrol dan dapat berjalan dengan kecepatan rata-rata setengah panjang tubuhnya per detik,” tambah Yonggang Huang, yang memimpin penelitian teoretis. “Ini sangat menantang untuk dicapai pada skala kecil untuk robot terestrial.”

Tenaga yang Menggerakkan Robot Kepiting Kecil



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"