India Akan Gunakan Robot untuk Penerbangan Antariksa Perdana Sebelum Kirim Astronot

India Akan Gunakan Robot untuk Penerbangan Antariksa Perdana Sebelum Kirim Astronot

Sebelum mengirim misi astronot pertamanya pada akhir 2021, India akan meluncurkan robot humanoid yang disebut Vyommitra ke luar angkasa. Seperti yang dilansir dari The Tribune, proyek tersebut akan mengambil penerbangan akhir tahun ini dan pada tahun 2021. 

Menurut publikasi, nama robot adalah kombinasi dari kata-kata Sansekerta untuk "ruang" dan "teman," dan seperti yang kalian lihat dari video di bawah ini, Organisasi Penelitian Antariksa India (ISRO) memodelkannya setelah wanita manusia, meskipun tidak memiliki kaki.

Robot itu mengatakan kepada wartawan bahwa mereka dapat mengoperasikan panel sakelar, berbicara dengan astronot, dan memantau sistem pendukung kehidupan dan lingkungan pesawat ruang angkasa. 

India akan gunakan robot sebelum terbangkan manusia (businessinsider.com)

Tujuan utamanya, bagaimanapun, adalah untuk memungkinkan ISRO untuk menguji bagaimana penerbangan luar angkasa mempengaruhi tubuh manusia sebelum agensi mengirim astronot ke dalam salah satu wahana Gaganyaan.

"Ini akan mensimulasikan persis fungsi manusia di sana (di ruang angkasa). Ini akan memeriksa apakah sistemnya benar. Ini akan sangat berguna untuk disimulasikan, seolah-olah manusia terbang," kata ketua ISRO K Sivan kepada wartawan di acara konferensi pers tempat agensi memamerkan robot.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"