Honda Bakal Ciptakan Taksi Online Tanpa Supir, Begini Bentuknya

Honda Bakal Ciptakan Taksi Online Tanpa Supir, Begini Bentuknya

Honda belum lama ini memamerkan teknologi terbarunya yakni ride hailing otomatis. Seperti taksi online, layanan ini rencananya akan beroperasi di Jepang di tahun 2026. 

Cruise Origin, merupakan salah satu kendaraan yang mendjadi highlight di booth Honda pada ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023.

Kendaraan ini punya sistem self driving alias tanpa pengemudi.

Karena tak ada kursi pengemudi, Cruise Origin memiliki ruang kabin luas yang bisa menampung hingga 6 penumpang. Kursi penumpangnya dibuat dengan layout berhadapan.

Cruise Origin Honda (via kompas)

Kendaraan ini dirancang untuk layanan ridehail tanpa pengemudi dimana bisa menjemput penumpang sesuai titik yang dituju. Para penumpang nantinya bisa memakai aplikasi khusus di smartphone untuk mengontrol Cruise Origin, sekaligus melakukan pembayaran.

Bisa dibilang, teknologi terbaru dari Honda ini bakal banyak dibutuhkan di Jepang karena mereka sedang kekurangan pekerja pengemudi taksi. 

Menurut data yang dirilis Kementerian Dalam Negeri Jepang, jumlah warga senior (yang dikategorikan berusia 65 tahun ke atas) mencapai 29,1% dari total jumlah penduduk Jepang. Angka tersebut merupakan tertinggi di dunia.

Rencananya, pelayanan taksi online ini bakal tersedia sebanyak 12 unit di beberapa pusat kota Tokyo. Namun kedepannya, Honda akan melakukan ekspansi ke luar Tokyo dan berencana memproduksi hingga 500 unit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"