Hindari Gunakan 5 Benda Ini untuk Bersihkan Smartphone Kalian

Hindari Gunakan 5 Benda Ini untuk Bersihkan Smartphone Kalian

Hindari menggunakan 5 benda ini untuk bersihkan smartphone kalian. Kalo ada yang simpel, kenapa harus repot-repot sih?

Smartphone, apa pun mereknya dan berapa pun harganya, adalah perangkat yang nggak bisa lepas dari tangan kita sekarang ini. Karena kita selalu mantengin layarnya, pasti ada aja yang ngganggu tuh, apalagi kalo kena noda sedikit gitu. 

Bisa aja minyak dari jari, wajah, atau kena minyak karena kita menggunakan smartphone saat makan. Penginnya tetep bersih aja terus gitu.

Layar smartphone kotor gini emang ngganggu ya (digitaltrends.com)

Nah, untuk membersihkannya tuh sebenernya simpel banget gengs. Kalian cukup lap aja menggunakan baju kalian misalnya. Pokoknya kain aja gitu, yang bersih juga tentunya.

Soalnya, ada lho orang-orang yang pengin smartphone-nya tetep bersih malah menggunakan beberapa benda yang sebaiknya kalian hindari.

Seperti dikutip dari Liputan6.com, simak deh lima benda yang sebaiknya kalian hindari untuk membersihkan smartphone kalian. Biar nggak cepet rusak aja sih.

1. Tisu

1. Tisu Jangan pake tisu ya gengs, jangan! (homedepot.com)

Manusia jaman sekarang tuh emang nggak pernah jauh sama smartphone, termasuk juga tisu. Apa pun keperluannya, tisu selalu dekat dengan kita. Apalagi cuman sekadar membersihkan layar smartphone kita.

Kenapa jangan menggunakan tisu untuk membersihkan layar smartphone? Karena ... tisu tuh bisa membuat layar smartphone tergores. Makanya, bersihkan akan layar itu dengan kain microfiber atau sejenisnya.

2. Pembersih kaca

2. Pembersih kaca Jangan pake pembersih kaca juga lah (bobvila.com)

Secara material, layar smartphone tuh beda dengan cermin atau kaca di rumah kita. Kalo tau beda, kenapa juga harus gunakan pembersih kaca untuk membersihkan layar smartphone kalian coba?

Kenapa jangan digunakan? Sebab, beberapa smartphone memiliki lapisan pelindung khusus yang bisa rusak kalo kena bahan kimia tertentu gengs.

James LeBaeu, seorang profesor ilmu dan teknik material di MIT, Amerika Serikat menyebut bahwa setiap pembersih dengan bahan abrasif kemungkinan akan menggores permukaan layar smartphone. Makanya, hindari penggunaan cairan pembersih kaca cuma untuk membersihkan layar smartphone kalian.

3. Penghilang makeup

3. Penghilang makeup Pake penghilang makeup juga jangan nih (shutterstock.com)

Waduh, mosok iya ada yang membersihkan layar smartphone pake penghilang makeup sih? Beberapa dari kita ya pasti ada lah. Padahal statusnya tuh mirip loh sama pembersih kaca tadi loh.

Penghapus makeup juga memiliki campuran bahan kimia yang bisa merusakkan layar smartphone kita.

4. Cuka

4. Cuka Pake cuka? Ntar asem malah layarnya (shutterstock.com)

Lifehacker pernah menyarankan agar kita membersihkan layar ponsel kita menggunakan cuka encer. Tapi menurut Android Central, sebaiknya jangan gunakan cuka untuk bagian kaca di layar smartphone kita.

Hal ini ternyata bisa merusak lapisan oleophobic yang digunakan vendor untuk melapisi layar smartphone.

5. Alkohol

5. Alkohol Jangan, jangan pake alkohol juga ya! (ubreakifix.com)

Seperti yang sudah-sudah, yang kita sampaikan di atas nih ... jangan sembarangan membersihkan layar smartphone kita dengan bahan-bahan kimia ya gengs.

Soalnya, itulah yang niscaya akan merusak lapisan pelindung di layar smartphone kalian itu. Intinya, kalo ada yang simpel, ngapain harus ribet-ribet sih. Pake baju aja diseka perlahan. Udah, cukup. Oke.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"