Hari Kartini, Yuk Kenalan Sama Spacewalk Wanita Pertama Dalam Sejarah NASA

Hari Kartini, Yuk Kenalan Sama Spacewalk Wanita Pertama Dalam Sejarah NASA

Hari Kartini selalu diperingati setiap tahunnya. Bukan cuma sekadar menggunakan kebaya, tap juga dengan mengenang para wanita hebat di dunia.

Juga menyebarkan semangat untuk sesama wanita. Perbedaan gender gak bikin laki-laki lantas memiliki derajad yang lebih tinggi. Salah satu profesi yang tampaknya didominai oleh kaum laki-laki adalah atronot. Tapi ada loh yang perempuan. Kenalan yuk...

Kartini (urbanicon.co.id)

Astronot Christina Koch dan Jessica Meir sudah menjelajah di Stasiun Luar Angkasa Internasional dan memasuki ruang hampa udara pada hari Jumat, 18 Oktober 3019 pukul 7:50 pagi waktu ET. Duo ini udah membuat sejarah, menjadi awak wahana antariksa pertama yang seluruhnya terdiri dari perempuan sepanjang sejarah 62 tahun NASA.

Misi mereka adalah untuk mengganti unit pelepasan muatan baterai (BCDU) Stasiun Luar Angkasa Internasional. Pembaruan misi terbaru dilakukan melalui akun Twitter Stasiun Luar Angkasa.

Misi, yang semula dijadwalkan 21 Oktober 2019, pindah jadwal karena kegagalan fungsi dengan regulator daya unit. Menurut NASA, kerusakan tidak menimbulkan ancaman bagi keselamatan kru, stasiun, atau eksperimen apa pun yang dilakukan.

Stasiun angkasa luar NASA (theverge.com)

Misi ini adalah bagian dari serangkaian perjalanan ruang angkasa terkait dengan pemasangan baterai lithium-ion baru.

Sejak NASA didirikan, hanya ada 15 wanita yang telah melakukan perjalanan ruang angkasa, dan semuanya ditemani dengan kru pria. Misi ini menandai saat yang bersejarah dalam eksplorasi ruang angkasa.

Misi akan menjadi wahana antariksa Koch yang keempat dan yang pertama di Meir. Menurut NASA, Koch juga akan memecahkan rekor untuk spaceflight tunggal terpanjang oleh seorang wanita. Perjalanan sebelumnya dilakukan oleh Peggy Whitson yang mencatat 288 hari di ruang angkasa pada 2016-2017.

"Di masa lalu, wanita tidak selalu berada di meja kantor, dan itu luar biasa untuk berkontribusi pada program luar angkasa manusia pada saat semua kontribusi diterima, ketika semua orang memiliki peran," kata Christina Koch.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"