Facebook Rilis Aplikasi Mobile Khusus untuk Streaming Gim

Facebook Rilis Aplikasi Mobile Khusus untuk Streaming Gim

Upaya terbaru dari Facebook untuk menaklukkan dunia gaming adalah dengan memberikan mereka "rumah" yang khusus. Raksasa media sosial tersebut telah merilis secara resmi aplikasi seluler Facebook Gaming. 

Di dalam aplikasi tersebut akan mencakup beberapa permainan kasual yang dapat dimainkan serta fungsi komunitas. Tetapi fokus utamanya adalah tayangan dan membuat streaming gim secara langsung. 

Pengguna aplikasi dapan menonton siaran streaming langsung diperangkat mereka dan menggunakan fitur Go Live untuk streaming gim mobile (bukan hanya gim yang ada di aplikasi) melalui halaman Facebook mereka.

Facebook rilis aplikasi mobile khusus streaming gim (techcrunch.com)

Facebook menyebutkan bahwa aplikasi ini tidak akan memiliki iklan. Sebaliknya, Facebook saat ini mengandalkan pemberian "stars" (mirip dengan bit di Twitch) dari penonton bagi para streamers untuk menghasilkan uang.

Untuk sementara ini aplikasi Facebook Gaming mobile hanya akan tersedia untuk Android. Versi iOS akan tersedia setelah Apple menyetujuinya, kata Facebook. Namun pernyataan tersebut tidak mengatakan bagaimana live streaming akan bekerja pada perangkat iOS. 

Kebijakan App Store dapat menghalangi Facebook dari rekaman streaming dari aplikasi pihak ketiga. Facebook telah menguji versi aplikasi di Amerika Latin dan Asia Tenggara selama 18 bulan terakhir.

Bukan rahasia lagi mengapa Facebook meluncurkan aplikasi ini. Mereka menginginkan porsi yang lebih besar dari pasar live streaming, dan bertaruh bahwa perangkat lunak khusus akan membantu mereka mendapatkannya.

Facebook rilis aplikasi mobile khusus streaming gim (play.google.com/facebook)

Bagaimanapun perusahaan mungkin masih butuh meningkatkan pengaruh mereka. Meskipun Facebook telah memburu para streamer teratas, data dari Streamlabs dan Stream Hatchet menunjukkan bahwa penonton mereka masih berjuang untuk tumbuh dibandingkan dengan Twitch dan YouTube.

Lantas apakah langkah ini bisa berpengaruh banyak? Masih belum bisa diketahui. Ingat, YouTube menutup aplikasi gim khusus pada tahun 2019 setelah empat tahun. Tidak ada jaminan bahwa aplikasi khusus permainan akan membantu. 

Dan meskipun ada kesepakatan penting, Twitch masih mendominasi baik dalam hal pemirsa dan jumlah streamer nama besar. Facebook mungkin kesulitan mendapatkan bagian jika saingannya yang dimiliki Amazon masih memiliki sebagian besar pencipta yang ingin ditonton orang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"