Facebook Perkenalkan Metode Pembayaran Digital untuk Aplikasi di Dalam Ekosistem Mereka

Facebook Perkenalkan Metode Pembayaran Digital untuk Aplikasi di Dalam Ekosistem Mereka

Libra bukan menjadi satu-satunya lompatan besar ke dunia Facebook ke dunia pembayaran digital. Raksasa media sosial tersebut baru saja meluncurkan layanan yang bernama Facebook Pay. Tujuannya tentu untuk menyederhanakan transaksi dan transfer uang.

Karena sekarang Facebook membawahi Instagram dan WhatsApp, maka kemungkinan fitur ini juga dapat digunakan di dalam aplikasi tersebut. Kalian dapat mengatur Pay berdasarkan masing-masing aplikasi, tetapi Facebook juga memungkinkan kalian mengaturnya di seluruh aplikasi. Berupa pengaturan satu kali yang bisa berguna di seluruh ekosistem Facebook.

Facebook perkenalkan fitur pembayaran digital Pay (engadget.com)

Setiap komoditas yang diperdagangkan melalui ekosistem Facebook, lewat Marketplace, secara teoritis pembayarannya dapat dengan cepat diselesaikan.

Setelah Anda menetapkan metode pembayaran, secara teoritis cepat dan mudah untuk membeli tiket, berbelanja di Marketplace, berkontribusi untuk penggalangan dana atau menutupi bagian Anda dari pizza tadi malam. Anda dapat mengaturnya berdasarkan aplikasi per aplikasi, 

Fitur metode pembayaran Pay diharapkan hadir di AS minggu ini untuk aplikasi inti dan Messenger. Sementara Instagram, WhatsApp, dan jangkauan ke lebih banyak negara akan menyusul kemudian.

Facebook perkenalkan fitur pembayaran digital Pay (9clouds.com)

Dengan reputasi yang kerap tak acuh dengan keamanan dan privasi pengguna, Facebook secara mengejutkan menyadari potensi masalah ini. Meskipun pernyataan mereka tidak sepenuhnya meyakinkan. 

Kalian dapat meminta kode PIN atau biometrik untuk melakukan transaksi, sementara semua data dienkripsi dan dimonitor untuk mencegah penipuan. Riwayat belanja kalian tidak akan dibagikan di luar aplikasi, dan nomor rekening bank dan kartu kredit tidak akan digunakan untuk mempersonalisasi proses tersebut. 

Namun, pembelian Facebook Pay dapat memengaruhi iklan yang akan kalian lihat kemudian.  Siapa sih yang nggak jengkel melihat penawaran produk tertentu yang secara samar berkorelasi setelah kalian membeli barang. 

Pay sendiri akan terpisah dari dompet Calibra yang digunakan untuk menangani mata uang digital Libra. Dan barangkali akan terasa familiar jika kalian sudah kerap menggunakan layanan serupa seperti Venmo atau Apple Pay. Perbedaannya, tentu saja, adalah kenyamanan dalam ekosistem Facebook.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"