Facebook Berikan Banyak Cara dan Kemudahan Baru Bagi Pembuat Konten untuk Dapatkan Uang

Facebook Berikan Banyak Cara dan Kemudahan Baru Bagi Pembuat Konten untuk Dapatkan Uang

Konten 'creators' di Facebook akan mendapat banyak tambahan kemudahan mengelola pendapatannya melalui ads. Kemudahan ini untuk menarik minat pembuat konten berpindah haluan dari YouTube.

Facebook saat ini memiliki berita bagus untuk dibagikan kepada komunitas 'creators' mereka. Perusahaan telah mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan lebih banyak cara bagi para 'creators' (pembuat konten) tersebut untuk mendapatkan uang melalui situs Facebook.

Caranya yaitu mulai dengan memberi mereka kemampuan untuk memilih penempatan yang lebih baik untuk iklan di video mereka. Facebook mengatakan bahwa kapabilitas ini untuk mendukung video yang tidak memiliki "jeda alami untuk iklan" menjadi lebih nyaman untuk ditonton. 

Creator sekarang akan memiliki pilihan untuk memasukkan berbagai macam variasi format iklan non-interupsi, seperti pra-putar atau iklan berbasis gambar. Ini bisa berguna pada video yang sangat pendek, misalnya. Pada dasarnya sih seperti iklan di YouTube gengs.

Konten 'creators' Facebook (bizedge.co.nz)

Selain itu, pembuat konten di Facebook sekarang memiliki kapabilitas untuk menawarkan akses ke Grup untuk men-support mereka dengan biaya bulanan, sebagai bagian dari fitur "langganan penggemar" baru. Sebagai imbalannya, anggota grup dapat berinteraksi dengan 'creators' di ruang yang lebih pribadi. 

Facebook mengatakan pihaknya berharap orang dapat "membentuk komunitas yang lebih dalam dan ikatan yang lebih kuat" satu sama lain. Grup berbayar ini, yang mirip dengan apa yang mulai diuji Facebook pada bulan Juni, dimaksudkan untuk mendorong langganan penggemar perusahaan, baik untuk 'creators' maupun penoton. 

Pembuat konten dapat menggunakan layanan ini untuk menawarkan hadiah khusus kepada orang-orang yang bersedia membayar sejumlah uang per bulan untuk konten mereka, termasuk kode diskon barang dagangan dan saat streaming eksklusif di Facebook Live.

Sistem support dengan Facebook Stars (facebook.com)

Masih banyak cara yang ditawarkan Facebook agar pembuat konten bisa menghasilkan uang langsung dari penggemar berat mereka. Facebook Stars (gambar di atas) pada awalnya dirancang untuk komunitas game di Live, tetapi perusahaan sekarang akan mengizinkan sekelompok kecil pembuat video di luar itu untuk menerima dukungan satu kali saja dari khalayak. 

Sebagai contoh misalkan penggemar dapat membeli paket 'Bintang' untuk memberi suppoert minimal 100 buah seharga $ 1,40. 'Bintang' tersebut dapat dikirim ke 'creators' dan mereka akan mendapatkan satu sen untuk setiap satu 'Bintang'. Jika kalian menggunakan ponsel, Facebook mengenakan biaya lebih untuk setiap paket pembelian bintang sebagai kompensasi biaya 30 persen dari in-app purchase dari Apple dan Google Store.

Terakhir, Facebook memberi pembuat konten alat baru untuk melacak dan mengelola keterlibatan audiens mereka dengan lebih baik. Mereka dapat mulai membagikan demografi penggemar mereka kepada sejumlah brands agar sasaran iklan menjadi lebih baik dan memastikan bahwa kemitraan tersebut menjangkau audiens yang tepat.

Fitur ini disebut sebagai Brands Collab Manager yang sempat diungkapkan di VidCon tahun lalu. Dan dengan pembaruan ke Creator Studio, yang memungkinkan pencipta memantau, mengubah dan memonetisasi pos mereka, mereka sekarang bisa mendapatkan pandangan tunggal dari mana uang mereka berasal, baik itu dari Facebook dan, berkat integrasi baru, Instagram atau IGTV.

'Menguangkan' konten Facebook (engadget.com)

Seperti yang disebutkan di atas tadi bahwa perubahan ini makin mirip dengan upaya YouTube dengan Keanggotaan Saluran, Pensponsoran, dan lainnya, itu karena mereka berada pada gelombang yang sama. Lagipula, bukan rahasia lagi bahwa Facebook sangat ingin memikat 'creators' dari situs video milik Google - dan ini hanyalah langkah lain dari Zuckerberg dan perusahaan untuk mencoba melakukan hal itu.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"