Akhir tahun lalu, dunia gaming digital PC sempat dikejutkan dengan kemunculan storefront Epic Games. Sebuah platform jual beli yang memberikan kesepakatan untuk developer gim lebih baik dari Steam, raja platform jual beli gim digital saat ini.
Epic Games Store menawarkan model bagi hasil 88 persen untuk pengembang dan 12 persen untuk Epic, dengan mudah melampaui pembagian keuntungan standar di Steam yakni 70/30.
Hal ini tentu memberikan keuntungan besar bagi Epic. Perusahaan telah memikat banyak pengembang terkemuka dari Steam, lengkap dengan rencana untuk meluncurkan judul mereka secara eksklusif di Epic Games Store.
Daftar itu termasuk Super Meat Boy Forever, Metro: Exodus, The Division 2, Borderlands 3, Detroit: Become Human, Afterparty, dan musim terakhir Telltale's The Walking Dead. Banyak dari game ini pada akhirnya akan mencapai Steam dan platform lainnya, tetapi mereka pertama kali akan menjadi eksklusif untuk toko Epic untuk waktu yang lama.
Tetapi hal ini bisa berubah. CEO Epic Games Tim Sweeney mencuitkan tantangan untuk Steam pada Rabu malam. "Jika Steam berkomitmen untuk berbagi pendapatan permanen 88% untuk semua pengembang dan penerbit tanpa ikatan khusus, Epic akan segera mundur dari eksklusif (sambil menghormati komitmen mitra kami) dan pertimbangkan untuk menaruh game kami di Steam."
Epic adalah pemilik eksklusif dari Gears of War dan, terutama gim populer sekarang, Fortnite. Gim ini telah memberikan keuntungan bagi perusahaan senilai $ 15 miliar. Tak satu pun dari waralaba ini tersedia di Steam untuk saat ini.
Valve, perusahaan di belakang Steam, telah lama tidak tertandingi di pasar digital dan pembagian pendapatannya merupakan bukti dari fakta ini. Model 70/30 perusahaan telah menjadi norma di industri selama setidaknya satu dekade, dan Valve belum dipaksa untuk memperbarui angka itu sampai saat ini.
Tepat sebelum Epic Games Store diumumkan, Valve mengungkapkan rasio pendapatan baru untuk Steam - tetapi hanya memengaruhi segelintir pengembang yang sangat sukses.
Hari ini di Steam, game apa pun yang menghasilkan lebih dari $ 10 juta akan masuk ke pengembang sebanyak 75 persen dari pendapatannya. Sementara judul yang menghasilkan lebih dari $ 50 juta bersih akan dibagi 80 persen ke pengembang dari semua penghasilan berikutnya.
Tentu saja, langkah ini tidak berbuat banyak untuk merebut hati pengembang independen dan menengah, yang bisa mendapatkan 88 persen dari semua pendapatan di Epic Games Store. Bahkan toko Discord baru menawarkan pemecahan 90/10.
Steam masih menjadi pemimpin yang jelas dalam distribusi digital, menawarkan lebih banyak game daripada platform PC lainnya dan berfungsi sebagai layanan tepercaya dan terpercaya bagi jutaan pemain di seluruh dunia.
Namun, keberadaan Epic Games Store telah mendorong Valve untuk memperbarui kebijakan pembagian pendapatannya, jika hanya sedikit, dan tantangan Sweeney bisa terlihat menarik ketika Steam berupaya untuk tetap di atas.
"Langkah seperti itu akan menjadi momen yang luar biasa dalam sejarah game PC, dan akan memiliki dampak besar pada platform lain untuk generasi yang akan datang," tulis Sweeney dalam tweet lanjutan. "Maka toko bisa kembali ke sekadar menjadi tempat yang bagus untuk membeli barang, daripada IRS (internal revenue service) pengembang game."