Elon Musk Yakin Bahwa Dragon Crew Sudah Siap Angkut Manusia

Elon Musk Yakin Bahwa Dragon Crew Sudah Siap Angkut Manusia

SpaceX telah melakukan serangkaian uji coba antariksa untuk wahana Dragon Crew mereka. Wahana tersebut akan menjadi kendaraan utama untuk membawa manusia. Elon Musk tentu tak sabar melihat Dragon Crew terbang dengan penumpang.

Dan kesabaran siapapun yang peduli dengan proyek akhirnya terjawab tuntan. Sekarang perusahaan telah memiliki jawaban yang lebih spesifik daripada sekedar 'awal 2020'. Jawaban tersebut disampaikan sediri oleh Elon Musk pada acara konferensi pasca-tes Dragon Crew.

Crew Dragon siap untuk angkut manusia (engadget.com)

Ia mengatakan kepada semua peserta yang menghadiri acara bahwa Dragon Crew akan siap untuk mengirim misi kru ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kemungkinan akan terjadi pada kuartal kedua tahun ini, atau di antara April dan Juni. 

Tim di SpaceX "sangat percaya diri" bahwa perangkat keras buatan mereka akan siap pada kuartal pertama, "kemungkinan besar" pada bulan Februari.

Mempercayai informasi yang berupa estimasi memang tak perlu berharap banyak. Jadwal penerbangan luar angkasa bisa berubah kapanpun selama komponen penerbangan benar-benar siap. Bahkan tes terakhir dari Dragon Crew meleset sehari dari jadwal yang sudah pernah diungkapkan.

Crew Dragon siap untuk angkut manusia (nasaspaceflight.com)

Dan tidak dapat disangkal bahwa estimasi Musk memang terdengar sangat optimis. Lihat saja berapa lama waktu yang dibutuhkan dari Falcon Heavy untuk mengubah sebuah konsep ke dalam proyek peluncuran yang berjalan dengan baik. 

Demonstrasi peluncuran dari sebuah wahana antariksa adalah ujian besar terakhir sebelum penerbangan menggunakan awak atau kru. Jadi jika uji coba tersebut berhasil, kemungkinan penundaan jadwal seperti yang ada di masa lalu seharusnya tidak banyak terjadi lagi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"