Departemen Survei Geologis AS Terbitkan Peta Geologis Bulan Paling Detail Pertama Kalinya

Departemen Survei Geologis AS Terbitkan Peta Geologis Bulan Paling Detail Pertama Kalinya

Semasa kecil, kita selalu membayangkan permukaan Bulan itu seperti gurun pasir dengan banyak lubang kawah menganga. Atau berlomba dengan kawan untuk menemukan sosok kelinci selama bulan purnama. 

Namun apakan kalian pernah benar-benar ingin mempelajari permukaan Bulan secara mendetail? Jika pernah maka sekarang ini adalah kesempatanmu. 

Departemen Survei Geologis Amerika Serikat (USGS) dengan dibantu NASA dan Lunar Planetary Institute, telah merilis peta geologis lengkap dari permukaan Bulan untuk pertama kalinya.

Peta geologis permukaan Bulan oleh USGS (engadget.com)

Peta geologis tersebut memberikan tampilan yang benar-benar komprehensif untuk tetangga kosmik terdekat kita. Peta berskala 1: 5.000.000 tersebut diberi kode warna agar membantu kita mengidentifikasi fitur geologi dengan cepat, termasuk beberapa jenis kawah, dataran, dan fitur lainnya.

Tim menciptakan peta ini menggunakan data gabungan peta era Apollo dan data dari misi satelit baru-baru ini, termasuk Lunar Reconnaissance Orbiter dan SELENE Jepang. Para ilmuwan menggambar peta bersejarah ini untuk membuat data tersebut sejajar dengan sistem informasi zaman sekarang sekaligus sambil menjaga catatan berharga. 

Mereka juga membuat deskripsi fitur yang konsisten untuk mencegah kebingungan yang mungkin terjadi dengan peta sebelumnya. Kalian bisa mengunduh peta Bulan di sini.

Peta geologis permukaan Bulan oleh USGS (robinhanhart.ch)

Peta ini juga dapat berfungsi sebagai titik rujukan penting untuk misi Bulan di masa depan, tetapi juga bisa terbukti berharga bagi masyarakat umum. Sekolah dapat menggunakan ini untuk membantu menjelaskan medan bopeng Bulan, misalnya. 

Bahkan jika kalian sudah bukan siswa lagi, peta ini masih terlihat sangat menggoda untuk ditelusuri. Ini adalah kesempatan untuk memeriksa benda langit dengan jenis ketelitian yang biasanya disediakan untuk Bumi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"