Canggih atau Mengerikan? Elon Musk Bilang Manusia Bakal Bisa Komunikasi Menggunakan Telepati 10 Tahun Lagi

Canggih atau Mengerikan? Elon Musk Bilang Manusia Bakal Bisa Komunikasi Menggunakan Telepati 10 Tahun Lagi

Siapa lagi yang nggak tau Elon Musk? Miliarder sekaligus bos perusahaan teknologi mutakhir ini baru aja menyampaikan sesuatu yang bikin heran.

Elon Musk bilang, sekitar 5-10 tahun lagi, manusia akan bisa berkomunikasi tanpa kata-kata. 

Dikutip dari Business Insider, hal ini disampaikan Musk dalam wawancara podcast "The Joe Rogan Experience". Dalam wawancara itu, Elon Musk memang membahas tentang teknologi, mulai dari perangkat implan otak, hingga masalah privasi di rumah.

Elon Musk di wawancara podcast Joe Rogan (businessinsider.com)

Lebih lanjut, ternyata Elon Musk menegaskan bahwa kemampuan manusia untuk komunikasi non verbal jadi mungkin untuk dilakukan. Tapi dalam satu dekade ke depan, 10 tahun lagi!

Hal ini sontak membuat Joe Rogan terkejut. Sebab, bos Tesla yang visioner itu gak ngomongin soal teknologi chatting, snap chatting, atau email.

Sebaliknya, Elon Musk melihat sebuah sistem simbiosis antara manusia dengan kecerdasan buatan. Hal itu memungkinkan manusia untuk bertukar pikiran tanpa berkata-kata. Ini canggih atau mengerikan sih?

Kalo begitu, berarti Elon Musk seperti menegaskan bahwa manusia akan bisa melakukan telepati. Telepati sendiri mengacu pada kemampuan seseorang untuk menangkap apa yang ada di benak atau pikiran orang lain tanpa mempergunakan alat-alat yang bisa dilihat.

Katanya, manusia bakal bisa melakukan telepati (teslarati.com)

"Otak kita menghabiskan banyak upaya mengompresi konsep kompleks menjadi kata-kata, dan ada banyak kehilangan informasi yang terjadi ketika mengompresi konsep kompleks menjadi kata-kata," kata Elon Musk dalam wawancara tersebut.

Musk juga menjelaskan, ketika manusia berkomunikasi secara verbal, kata-kata tersebut akan ditafsirkan dan dikompresi oleh orang yang mendengarkan.

Menurut Musk, manusia yang berintegrasi dengan mesin akan membuat mesin itu lebih lancar. Makanya komunikasi akan lebih cepat dan akurat. Sebab, kata Musk, "Sangat sulit menyampaikan konsep kompleks dengan tepat, karena Anda mendapatkan kompresi dan dekompresi."

Dari situ, Elon Musk melihat komunikasi non verbal merupakan sebuah kesempatan untuk berkomunikasi lebih baik satu sama lain. Dia memikirkan manusia sudah berada di jalur menuju interfacing nonverbal. Gokil!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"