Bikin Orang Kecanduan Sampai Lupa Waktu, Penemu Ponsel Merasa Prihatin Dan Minta Publik Lakukan Ini

Bikin Orang Kecanduan Sampai Lupa Waktu, Penemu Ponsel Merasa Prihatin Dan Minta Publik Lakukan Ini

Sekarang ini, ponsel atau smartphone seakan sudah menjadi benda wajib untuk dibawa bepergian. Tidak sedikit orang yang kecanduan dan susah lepas dari smartphone miliknya. Kondisi ini ternyata membuat penemu ponsel pertama di dunia yakni Martin Cooper merasa prihatin.

Hal ini diungkap Cooper dalam sesi wawancara dengan program BBC Breakfast beberapa waktu lalu. Ketika itu, Martin Cooper sangat terkejut saat mengetahui co-host acara itu mengaku menghabiskan waktu sampai 5 jam per hari untuk menggunakan ponselnya.

Insiyur berusia 93 tahun itu lantas memberikan saran pada publik untuk kembali ke kehidupan nyata dan mengurangi waktu penggunaan ponsel. "Apakah kamu yakin? Kamu benar-benar menghabiskan lima jam sehari? Luangkan waktu itu untuk membuat hidupmu lebih baik!," ungkap Martin Cooper yang dilansir dari Phonearena.

Foto: Martin Cooper (Kompas Tekno)

Menariknya, Cooper mengatakan kalau dia hanya menghabiskan kurang dari 5% waktunya untuk ponsel, artinya Martin Cooper hanya menggunakan ponsel 1,2 jam sehari. Angka ini sangat jauh di bawah rata-rata penggunaan harian.

Berdasarkan data dari Statista menunjukkan bahwa 46 persen orang Amerika yang disurvei mengatakan mereka menghabiskan antara lima hingga enam jam di ponsel mereka sehari-hari. Bahkan, 11 persen lainnya memakai ponsel mereka selama tujuh jam atau lebih sehari.

Sementara itu, Martin Cooper adalah sosok yang pertama kali menemukan kecanggihan sebuah ponsel dari Motorola DynaTAC 8000X yang dibuatnya pada 1973 silam. Ide ini muncul ketika Cooper bekerja di Motorola yang saat itu popularitas dengan produk telepon di mobil. Ternyata ponsel yang menempel di mobil, mulai membuat Martin Cooper merasa terganggu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"