Belajar 'Coding' Melalui Gim "Rabbids Coding" Buatan Ubisoft

Belajar 'Coding' Melalui Gim "Rabbids Coding" Buatan Ubisoft

Gim ini memang ditujukan untuk anak kecil yang ingin belajar coding sambil bermain gim. Tetapi kalian yang belum familiar dengan menulis kode bisa juga memainkan gim Rabbids Coding.

Saat ini memang sudah banyak game didesain untuk mengajarkan anak dasar-dasar pengkodean (coding). Tetapi biasanya dilakukan oleh developer dan penerbit indi. Sangat jarang melihat penerbit game besar merangkul sektor "edutainment" tersebut. 

Dan sekarang telah datang gim coding terbaru yang kali ini berasal dari Ubisoft, pencipta waralaba Assassin's Creed dan Rainbow Six. Gim ini bertajuk Rabbids Coding, dan kalian tentu akan langsung tahu siapa protagonis dalam gim ini begitu mendengar judul tersebut.

Belajar coding dengan Rabbids Coding (engadget.com)

Si Rabbid ini memang makhluk aneh dan gila yang entah bagaimana juga menyebalkan dan imut. Ia akan memberti tugas ke pemain untuk menciptakan rutinitas yang akan memperbaiki pesawat ruang angkasa Rabbids yang tidak berfungsi.

Rabbids Coding dirancang untuk gamer berusia tujuh tahun ke atas. Tetapi usia apapun jika belum familiar dengan coding masih pantas memainkannya.

Belajar coding dengan Rabbids Coding (engadget.com)

Pemain memilih setiap bit kode dari menu, menyeretnya ke area bermain, mengatur bit dalam urutan yang benar dan kemudian memunculkan instruksi. Jika pemrograman yang dilakukan salah, kalian dapat mencoba bagian kode yang berbeda atau mengatur ulang urutan dan coba lagi.

Permainan ini mencakup 32 level yang mengajarkan berbagai aspek pengkodean, seperti loop dan kondisi. Gamer muda tidak hanya akan mempelajari dasar-dasar pemrograman, tetapi juga akan mengembangkan mata untuk pengkodean ekonomi: "Semua keterampilan dan konsep akan membantu pemain mengoptimalkan program mereka dengan membuat urutan pengkodean mereka sesingkat dan seefisien mungkin," kata Ubisoft.

Rabbids Coding dikembangkan oleh Ubisoft Montreal dan keluar hari ini di Windows melalui Uplay, peluncur game Ubisoft. Para calon pembuat kode yang mencari lebih banyak tantangan mungkin ingin melihat add on Kano baru bertema Star Wars, The Force Coding Kit, yang menggunakan sensor gerak yang dapat diprogram untuk memanipulasi objek di layar. 

Mahasiswa, sementara itu, dapat belajar keterampilan pengembangan game tingkat lanjut dengan kursus online Ubisoft sendiri, Game Creators 'Odyssey, yang diluncurkan bulan lalu untuk beberapa sekolah yang terpilih. Belum tahu apakah ada sekolah dalam negeri yang mendapat kesempatan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"